Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda Rayakan Sejarah 125 Tahun, Ini 12 Model Tonggak Pencapaian

Skoda Auto telah menapaki perjalanan 125 tahun bersejarah. Untuk merayakan kisahnya, pabrikan mobil Ceko tersebut memamerkan 12 model mobil terpenting yang menjadi tonggak pencapaiannya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  06:40 WIB
12 model yang menunjukkan perjalanan penting Skoda Auto selama 125 tahun.  - SKODA
12 model yang menunjukkan perjalanan penting Skoda Auto selama 125 tahun. - SKODA

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto telah menapaki perjalanan 125 tahun bersejarah. Untuk merayakan kisahnya, pabrikan mobil Ceko tersebut memamerkan 12 model mobil terpenting yang menjadi tonggak pencapaiannya.

Bertempat di museum di kantor pusat di Mladá Boleslav, Skoda Auto memamerkan deretan mobil mulai dari L&K Voiturette A, mobil pertamanya yang pada 1905; hingga Skoda Enyaq iV yang wujudnya masih disamarkan.

Skoda Enyaq iV adalah SUV listrik yang baru akan secara resmi diperkenalkan akhir tahun ini dan menandai dimulainya era baru untuk Skoda. Ini menggabungkan ide, inovasi, dan pengaruh 125 tahun sejarah Skoda dalam satu kendaraan.

Setiap model dari 12 mobil tersebut masing-masing telah membangun eranya menjadi satu bab dalam sejarah pengembangan kendaraan Skoda Auto.

Christian Strube, anggota dewan Skoda Auto untuk Pengembangan Teknis, mengatakan bawa masing-masing model khusus dari 125 tahun sejarah Skoda ini telah memengaruhi perkembangan perusahaan secara signifikan.

Banyak dari nilai merek kami memiliki tradisi lama. Misalnya, kenyamanan berkendara yang tinggi kembali ke Skoda Superb pertama, desain yang luar biasa dapat ditemukan pada Skoda Felicia, konstruksi bodi modern berbentuk Skoda 1000 MB dan Octavia modern pertama yang memenangkan publik dengan ruangnya yang luas.

Dengan Enyaq iV baru, perangkat elektrifikasi modular memberi kami kesempatan untuk menggabungkan semua keunggulan ini menjadi satu kendaraan yang bebas emisi secara lokal dan oleh karena itu sangat berkelanjutan dengan penggerak bertenaga baterai 100%.

Björn Kröll, Kepala Pemasaran Produk Skoda, mengatakan setiap kendaraan baru didasarkan pada pengalaman yang diperoleh melalui pengembangan dan pengemudian model sebelumnya.

"Enyaq iV adalah intisari dari semua pengetahuan ini, tetapi pada saat yang sama, juga membawa ide-ide baru ke kendaraan yang menarik dan Simply Clever. Sebagai kendaraan listrik baterai murni pertama kami yang dirancang seperti itu sejak awal, Enyaq iV membawa perusahaan kami ke era baru.”

Berikut ini adalah 12 model mobil Skoda terpenting :

1. L&K Voiturette A, dibangun antara 1905 dan 1907
2. Skoda Superb generasi pertama (1934 hingga 1949)
3. Skoda Popular Monte Carlo (1936 hingga 1939)
4. Skoda Felicia convertible (1959 hingga 1964)
5. Skoda 1000 MB (1964 sampai 1969)
6. Skoda TREKKA (1966 sampai 1972)
7. Skoda 110 R Coupé (1970 sampai 1980).
8. Skoda Favorit (1987 hingga 1994), memulai periode pertengahan hingga kini
9. Skoda Octavia generasi pertama modern (1996 hingga 2010)
10 Skoda YETI (2009 hingga 2017)
11. Skoda Scala yang diproduksi sejak 2018
12. Skoda Enyaq iV, yang segera ditampilkan ke publik secara global.

Dimulai dari L&K Voiturette A

Batu fondasi untuk kisah sukses Skoda Auto diletakkan oleh pendiri Laurin dan Klement pada 1905 dengan model L&K Voiturette A, mobil pertama perusahaan setelah 10 tahun perusahaan memproduksi sepeda dan kemudian sepeda motor.

Sorotan dari 1930-an mencakup Skoda SUPERB, yang merupakan model andalan merek bahkan pada saat itu, menawarkan interior yang luas dan tingkat kenyamanan berkendara yang tinggi.

Skoda Popular Monte Carlo, yang berkat desain transaxle dengan transmisi pada as roda belakang, memiliki karakteristik handling yang luar biasa. Untuk menghormati model khusus ini, yang merayakan kemenangan di Reli Monte Carlo yang legendaris, Skoda memperkenalkan sebutan Monte Carlo yang masih menunjukkan versi model sporty dari Fabia, Scala, dan Kamiq saat ini.

Sama seperti Monte Carlo Popular, Skoda Felicia mulai 1959 juga merupakan ikon desain. Skoda mengubah dirinya secara visual dengan mobil convertible, yang mencerminkan gaya puncak mode pada saat itu.

Mesin di Belakang

Tiga model dari tahun 1960-an juga masuk dalam jajaran produk. Pada 1964, Skoda memperkenalkan bodi mandiri dalam Skoda 1000 MB yang revolusioner, sehingga mengantarkan era mesin belakang.

Blok mesin diproduksi menggunakan proses die-casting aluminium yang dipatenkan dan menggarisbawahi keahlian teknik mesin tingkat tinggi di lokasi Mladá Boleslav.

Konsep penggerak dengan mesin belakang dan penggerak roda belakang juga digunakan di Skoda 110 R sejak 1970. Skoda 130 RS, yang sukses baik di reli maupun di sirkuit, kemudian dibangun di atas coupé dua pintu yang sportif dan masih diingat hari ini di model Skoda RS sportif.

Berdasarkan orisinal Octavia, Trekka yang dibangun di Selandia Baru mulai 1966 adalah pelopor awal SUV masa kini. Mobil off-roader ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan persyaratan khusus untuk pasar.

Penggerak Roda Depan

Tonggak sejarah lain dalam iring-iringan bersejarah adalah Skoda Favorit. Pada 1987, Skoda meluncurkan penggerak roda depan dengan model kompak yang dirancang oleh Bertone dan menawarkan varian combi dan pikap, selain hatchback.

Octavia 1996 adalah model Skoda pertama yang dikembangkan sepenuhnya di bawah payung Grup Volkswagen, membuka jalan bagi perusahaan untuk menjadi produsen volume. Kelapangan dan rasio harga-kinerja yang menarik kemudian menjadi bagian integral dari identitas produk Skoda.

Skoda Yeti menandai keberhasilan merek masuk ke segmen SUV pada 2009. Segmen ini, di mana Kamiq, Karoq, Kodiaq, dan Enyaq iV yang akan datang membentuk keluarga SUV yang lengkap hari ini, membuka kelompok pelanggan baru untuk merek tersebut.

Yeti juga menikmati popularitas yang luar biasa berkat banyak ide Simply Clever yang inovatif, seperti kursi VarioFlex yang dapat disesuaikan secara individual.

Skoda memperkenalkan bahasa desain baru dengan Scala pada 2018 dan sekarang menawarkan eksterior yang lebih emotif di samping karakteristik ruang merek yang luas. Pada saat yang sama, pabrikan mengambil lompatan ke depan di bidang konektivitas. Scala adalah Skoda pertama yang selalu terhubung.

Masa Depan Listrik

Sama seperti sebelas tonggak sejarah lainnya yang telah membentuk era mereka, Skoda Enyaq iV yang baru akan membawa dampak signifikan pada tahun-tahun mendatang. Ini menggabungkan semua kebajikan Skoda seperti kecerdikan, daya cipta, keahlian desain, dan keberanian dengan teknologi berwawasan ke depan.

Skoda Enyaq iV diklaim mewakili esensi dari semua nilai merek; mengejutkan, praktis, dan pintar. Enyaq iV adalah hasil dari 125 tahun pengalaman pengembangan, kreativitas, dan semangat serta memimpin perusahaan menuju masa depan yang berkelanjutan dan elektrik.

Penayangan perdana dunia akan berlangsung pada paruh kedua tahun ini, dan peluncuran pasar ditetapkan untuk kuartal pertama 2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Skoda Auto Skoda Kodiaq Skoda Enyaq iV
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top