Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda Felicia, Mobil Convertible dengan Ritme Tahun 1960-an

Felicia menjadi salah model paling bersejarah bagi perjalanan 125 tahun Skoda Auto. Dengan desain atap terbuka, Skoda Felicia adalah salah satu kendaraan paling menarik di kelasnya antara tahun 1959 dan 1964.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  15:10 WIB
Skoda Felicia berwarna kuning, yang ikut serta dalam tamasya ulang tahun ke-125 Skoda Auto mengaspal pada 1961.  - Skoda Auto
Skoda Felicia berwarna kuning, yang ikut serta dalam tamasya ulang tahun ke-125 Skoda Auto mengaspal pada 1961. - Skoda Auto

Bisnis.com, JAKARTA - Felicia menjadi salah model paling bersejarah bagi perjalanan 125 tahun Skoda Auto. Dengan desain atap terbuka, Skoda Felicia adalah salah satu kendaraan paling menarik di kelasnya antara tahun 1959 dan 1964.

Mobil convertible yang diproduksi di pabrik Kvasiny dengan cepat menjadi hit ekspor dan menikmati kesuksesan penjualan di pasar Eropa dan pasar dunia lainnya.

Di negara asalnya, bagaimanapun, formasi 2+2 kursi yang elegan menjadi pemandangan yang langka. Felicia hadir dengan model dasar dengan mesin empat silinder 1,1 liter berkekuatan 50 hp (36,8 kW), dan sejak 1962 ragamnya diperluas dengan menyertakan Felicia Super yang lebih bertenaga dengan mesin 1,2 liter dengan tambahan 5 hp.

Selama hampir setengah abad, Skoda telah, praktis tanpa jeda, menawarkan kendaraan dengan bodywork terbuka, dari mobil pertama L&K Voiturette A pada 1905, hingga akhir produksi Skoda 1101/1102 yang berjuluk Tudor pada 1952.

Ketika periode singkat tanpa model konvertibel dimulai, sementara karyawan pabrik Kvasiny, atas inisiatif mereka sendiri, mengembangkan Skoda 440 Export, yang mereka presentasikan di Pusat Pameran Brno pada September 1956.

Model unik ini didasarkan pada mobil saloon dua pintu 440 Spartak, pendahulu dari generasi Octavia pertama. Ini memberikan inspirasi untuk lebih banyak prototipe dan yang disebut "rangkaian ulasan" dari sepuluh kendaraan, yang dibuat pada 1957.

Akhirnya, bulan September 1958, pabrikan mobil Ceko mempresentasikan versi seri dari 450 Cabriolet dan mengirimkan unit pertama ke pelanggan segera setelahnya.

Pada awal 1959, Felicia mengambil tongkat estafet. Namanya mengambil dari bahasa Latin, dan terbukti menjadi keberuntungan bagi Skoda.

Bodywork serba logam didukung oleh rangka tubular sentral yang kokoh, sehingga melanjutkan tradisi panjang yang juga tercermin pada suspensi independen keempat rodanya. Pegas daun melintang digunakan di poros belakang, sedangkan pegas koil dipasang di depan.

Peredam kejut teleskopik modern juga disertakan. Mesin depan yang dipasang secara longitudinal menggerakkan roda belakang melalui transmisi empat kecepatan. Sasis Felicia pertama dibuat di Mladá Boleslav pada 14 Januari 1959. Sasis tersebut menerima perbaikan bodi di pabrik Kvasiny, di mana kendaraan tersebut juga telah selesai dibuat.

Sebagai penggeraknya ialah mesin empat silinder 1.1 liter dengan 50 hp (36,8 kW). Selain atap lipat standar, Skoda juga menawarkan hardtop lepasan yang terbuat dari plastik bertulang fiberglass mulai Agustus 1960. Saat itu, tim terlatih yang terdiri dari dua orang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk merakit atau membongkar. Selain kursi pengemudi dan penumpang depan, interiornya juga menawarkan dua kursi yang lebih kecil di belakang.

Felicia yang didesain dengan elegan segera menarik banyak perhatian di pameran otomotif internasional di Jenewa, Leipzig, dan New York, serta di banyak pameran dagang lainnya di Amerika Selatan dan Afrika.

Pada tahun kedua, volume produksi tahunan Felicia naik menjadi 4.210 unit, dua pertiganya dijual ke luar negeri. Di sana mereka juga berhasil menarik selebriti, seperti pemain hoki es Kanada yang terkenal Maurice Richard, yang mencetak lebih dari 1.000 gol dalam karirnya.

Pada Maret 1961, Skoda mempresentasikan facelift Felicia di Jenewa. Selain gril radiatornya yang lebih mencolok, sayap belakang yang ditinggikan dengan lampu berbentuk drop juga membuat kesan yang berkesan. Tutup leher pengisi tangki dapat dibuka kuncinya dari interior kendaraan, dan tongkat persneling transmisi empat kecepatan dipindahkan dari kolom kemudi ke terowongan tengah dan mengesankan pengemudi dengan jarak perpindahan yang sangat pendek.

Felicia Super diluncurkan pada 1962. Mesin empat silinder 1.2 liter yang baru dikembangkan diventilasi oleh dua karburator yang dibuat oleh merek Cekoslowakia Jikov dan menghasilkan 55 hp (40,4 kW) - cukup untuk kecepatan tertinggi 135 km / jam, sementara konsumsi bahan bakar dijaga agar relatif rendah 9,5 liter bensin per 100 kilometer. Antara 1959 dan 1964, Skoda membangun 14.863 unit Felicia dan Felicia Super.

Skoda Felicia berwarna kuning, yang ikut serta dalam tamasya ulang tahun ke-125 Skoda Auto, mengaspal pada 1961.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Skoda Auto Mobil Legendaris Skoda Felicia
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top