Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Skoda Auto Buka Pusat Pembuatan Kendaraan Uji di Mlada Boleslav

Skoda Auto membuka pusat pembuatan kendaraan uji dan prototipe di situs Mlada Boleslav. Produsen mobil ini menggunakan teknologi mutakhir, seperti stasiun robot dan solusi realitas virtual, melalui seluruh proses produksi.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  18:18 WIB
Fasilitas produksi model dan prototipe baru Skoda Auto juga sangat maju dari sudut pandang ekologis.  - Skoda Auto
Fasilitas produksi model dan prototipe baru Skoda Auto juga sangat maju dari sudut pandang ekologis. - Skoda Auto

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto membuka pusat pembuatan kendaraan uji dan prototipe di situs Mlada Boleslav. Produsen mobil ini menggunakan teknologi mutakhir, seperti stasiun robot dan solusi realitas virtual, melalui seluruh proses produksi.

Johannes Neft, Anggota Dewan Skoda Auto untuk Pengembangan Teknis sejak 1 Januari, mengatakan penggunaan mobil uji memungkinkan untuk menarik kesimpulan tentang berbagai parameter teknis pada tahap awal pengembangan dan membuat penyesuaian yang diperlukan jauh sebelum produksi serial dari yang baru model dimulai.

"Kami sekarang mengambil langkah lanjutan. Di masa depan, kami akan membangun 300 kendaraan uji dan 120 prototipe per tahun dengan efisiensi maksimum di bawah satu atap di fasilitas kami di situs Mlada Boleslav. Kami menciptakan kondisi ideal di sini untuk mengembangkan kendaraan di tingkat tertinggi dan itu akan membentuk masa depan merek," katanya, Senin (18/1/2021).

Untuk memantau tidak hanya komponen individu tetapi juga kendaraan secara keseluruhan, tes klasik tetap penting, meskipun simulasi dan model digital semakin penting dalam fase pengujian. Oleh karena arsitektur elektronik kendaraan modern yang semakin kompleks dan bertenaga, fokusnya adalah pada uji fungsional listrik, elektronik dan sistem bantuan, serta komunikasi antar komputer dalam mobil.

Skoda Auto memproduksi beberapa kendaraan uji untuk Enyaq iV serba listrik di fasilitas baru tersebut.

David Vanek, Kepala Pembuatan Model dan Prototipe, menambahkan fasilitas ini memiliki tiga lantai dan menampung gudang suku cadang, bengkel bodi, perakitan akhir, dan bengkel cat, semuanya dalam jarak terkecil untuk memastikan jarak yang dekat. Pada saat yang sama, otomatisasi tingkat tinggi memungkinkan proses lebih gesit dan peningkatan kapasitas produksi yang signifikan.

"Selain itu, gedung ini memiliki teknologi virtual reality mutakhir serta 168 tempat kerja di kantor ruang terbuka dan 13 ruang pertemuan. Sebagian besar kompleks - 14.000 m² - digunakan untuk pembuatan kendaraan.”

Lantai dasar menampung gudang suku cadang termasuk halaman tertutup untuk truk bongkar muat. Badan mobil dibangun di lantai dua, sedangkan lantai tiga berisi perakitan akhir dan bengkel cat. Lift barang digunakan untuk mengangkut material antar lantai.

Berkat dua stasiun robot, proporsi otomatisasi di bengkel bodi meningkat dari 15 menjadi 45 persen. Ini menggandakan kapasitas produksi menjadi sepuluh badan mobil per minggu - sementara membutuhkan 20 persen lebih sedikit ruang.

Selain itu, desain hemat berat juga dapat diproduksi di sini, karena Skoda Auto telah memperluas bengkelnya dengan menyertakan pusat inovasi untuk menguji teknik penyambungan, seperti pengencangan, pengikatan, pengencang sekrup bor aliran (FDS), pengelasan laser, dan konstruksi komposit.

Teknologi realitas virtual memungkinkan workstation untuk dikonfigurasikan sebelumnya dan disesuaikan, dan sistem TI yang canggih digunakan dalam logistik. Kontrol kualitas akan diintegrasikan ke dalam proses produksi dan berjalan paralel dengan langkah-langkah pembuatan masing-masing. Fasilitas baru juga mencakup jalan bergulir hingga 300 km / jam untuk tujuan ini.

Fasilitas produksi model dan prototipe baru juga sangat maju dari sudut pandang ekologis. Jarak pendek tersebut menghemat sekitar 1.800 liter bahan bakar per tahun, sehingga memungkinkan penurunan emisi CO2 sekitar lima ton. Seluruh pergudangan yang sekarang digabungkan ke dalam produksi kendaraan menghasilkan penghematan, mengurangi biaya logistik hingga lebih dari 150.000 euro per tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Uji Tipe Kendaraan Bermotor Skoda Auto
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top