Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

L&K Voiturette A, Mobil Pertama Skoda Berpelek Kayu

Mobil pertama dari perusahaan Laurin & Klement, yang kemudian menjadi Skoda Auto, memulai debutnya pada 29 Oktober 1905: Voiturette A adalah kendaraan ringan dengan dua tempat duduk yang mudah dikendarai dan mencapai kecepatan hingga 40 km / jam.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  07:45 WIB
Gambar L&K Voiturette A dari 1906 adalah satu dari lima dokumen asli yang masih ada dan merupakan bagian dari portofolio kolektor pribadi Ceko. Mobil ini masih layak jalan dan akan mengambil bagian dalam tamasya untuk merayakan ulang tahun ke-125 Skoda.  - SKODA
Gambar L&K Voiturette A dari 1906 adalah satu dari lima dokumen asli yang masih ada dan merupakan bagian dari portofolio kolektor pribadi Ceko. Mobil ini masih layak jalan dan akan mengambil bagian dalam tamasya untuk merayakan ulang tahun ke-125 Skoda. - SKODA

Bisnis.com, JAKARTA - Mobil pertama dari perusahaan Laurin & Klement, yang kemudian menjadi Skoda Auto, memulai debutnya pada 29 Oktober 1905: Voiturette A adalah kendaraan ringan dengan dua tempat duduk yang mudah dikendarai dan mencapai kecepatan hingga 40 km / jam.

Kendaraan 7 hp ini mengesankan dengan rasio harga-kinerja yang menarik. Sebanyak 40 unit dibangun di Mladá Boleslav antara 1905 dan 1907.

"L&K Voiturette A menerima lisensi resmi untuk digunakan di jalan raya pada 18 Januari 1906 dan pertama kali dipresentasikan kepada publik di Prague Motor Show pada 15 April," Skoda dalam keterangan persnya.

Dengan desain canggih, teknik presisi, dan harga menarik 3.600 crown untuk versi standar, Voiturette A langsung sukses di pasar. Sebagai gambaran, upah pekerja rata-rata 2 crown sehari pada saat itu.

Dan bahan bakar yang pada masa itu tidak diukur dalam liter karena perbedaan kualitas dan kepadatan, harga 66 hellers per kilogram. Voiturette A mengkonsumsi sekitar empat kilogram bensin per 100 kilometer.

Sasis L&K Voiturette A terdiri dari rangka tangga yang menopang dua as kokoh dengan pegas daun semi elips. Dua silinder berpendingin air dari mesin-V yang dipasang di depan saling berhadapan pada sudut 55 derajat.

L&K Voiturette A menghasilkan 7 hp (5,2 kW) dari perpindahan total 1.005 sentimeter kubik. Transmisi tiga kecepatan pemindahan gigi langsung digantung ke kotak roda gigi melalui kopling kerucut berlapis kulit.

Tenaga biasanya disalurkan ke roda belakang melalui poros cardan, tetapi rantai juga tersedia berdasarkan permintaan. Kendaraan lincah seberat 465 kilogram itu berakselerasi dengan kecepatan maksimum 40 km / jam; bisa diperlambat dengan rem yang bekerja pada poros cardan atau dengan tuas tangan yang mengoperasikan drum rem di roda belakang.

Selain pelek kayu dengan jeruji kayu yang umum pada saat itu, Laurin & Klement juga menawarkan roda dengan jeruji kawat. Selain dua kursi individu, ada juga opsi untuk kursi bangku lebar; setiap versi menawarkan boot tertutup.

Daftar tambahan juga termasuk penerangan, atap dan detail peralatan lainnya. Voiturette A tersedia dalam warna merah, hijau, biru dan putih.

"Kereta kecil" meletakkan dasar bagi perkembangan dinamis berikutnya dari pabrikan mobil Ceko. Kisaran model dengan cepat berkembang - dari kendaraan lain dengan mesin dua silinder ke tipe FF, yang masuk ke pasar pada 1907 dengan mesin 8-silinder segaris, ke mobil penumpang lain, kendaraan komersial dan mobil balap yang sangat sukses.

Laurin & Klement segera menjadi merek mobil terkemuka di Monarki Ganda Austro-Hongaria, mendominasi segmen voiturette, khususnya. Pada 1908 lebih dari 90 persen dari semua kendaraan baru di segmen ini berasal dari Mladá Boleslav.

L&K Voiturette A dari 1906 yang ditunjukkan dalam gambar adalah satu dari lima dokumen asli yang masih ada dan merupakan bagian dari portofolio kolektor pribadi Ceko. Ini layak jalan dan akan mengambil bagian dalam tamasya untuk merayakan ulang tahun ke-125 Skoda.

Voiturette A dan model lainnya dipamerkan secara permanen di Museum Skoda di Mlada Boleslav.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Skoda Auto Mobil Legendaris Skoda Enyaq iV
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top