Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Skoda Auto Luncurkan Produksi Enyaq iV di Mlada Boleslav

Skoda Auto secara resmi memulai produksi seri Enyaq iV di Pabrik Mlada Boleslav, pekan lalu. SUV listrik-baterai 100% adalah model produksi seri Skoda pertama yang didasarkan pada Modular Electrification Toolkit (MEB) Grup Volkswagen.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 30 November 2020  |  14:58 WIB
Skoda Enyaq iV mulai diproduksi di pabrik Mlada Boleslav.  - Skoda Auto
Skoda Enyaq iV mulai diproduksi di pabrik Mlada Boleslav. - Skoda Auto

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto secara resmi memulai produksi seri Enyaq iV di Pabrik Mlada Boleslav, pekan lalu. SUV listrik-baterai 100% adalah model produksi seri Skoda pertama yang didasarkan pada Modular Electrification Toolkit (MEB) Grup Volkswagen.

Di masa depan, pabrikan mobil Ceko akan memproduksi hingga 350 unit SUV barunya setiap hari bersama dengan Octavia dan seri Karoq pada satu-satunya lini produksi Grup untuk kendaraan yang berbasis platform MQB dan MEB.

Michael Oeljeklaus, Anggota Dewan Skoda Auto untuk Produksi dan Logistik, menekankan Enyaq iV adalah model produksi seri pertama Skoda yang dirancang sebagai kendaraan serba listrik sejak awal.

"Ini berarti SUV baru kami juga menempatkan permintaan yang sama sekali berbeda pada proses manufaktur dan urutan produksi daripada model dengan mesin pembakaran," katanya seperti dikutip siaran pers Skoda, Senin (30/11/2020).

Hal ini juga tercermin dalam tindakan persiapan dan konversi ekstensif yang telah diterapkan di pabrik utama SkoDA di Mlada Boleslav sejak musim panas lalu.

Di kantor pusatnya di Mlada Boleslav, Skoda telah menginvestasikan 32 juta euro untuk pekerjaan konversi yang memungkinkan model MEB dan MQB diproduksi di jalur yang sama. Di masa depan, merek ini akan memproduksi hingga 350 unit Enyaq iV setiap hari dengan cara yang sepenuhnya fleksibel bersama seri Octavia dan Karoq.

Pabrikan mobil mengadaptasi statika bangunan dan merancang teknologi untuk mengangkut suku cadang guna mengakomodasi berat kendaraan yang sepenuhnya baterai-listrik dan komponen yang dipasang.

Selain itu, Skoda telah memperkenalkan langkah-langkah pengamanan di bidang penanganan baterai, misalnya dengan memasang kamera pencitraan termal. Ini memonitor suhu di bengkel sepanjang waktu dan memicu alarm jika ada penyimpangan terdeteksi.

Pilihan Penggerak

Tiga ukuran baterai dan lima varian performa Skoda Enyaq iV memastikan pengalaman berkendara yang berkelanjutan namun menyenangkan. Pada dua varian paling bertenaga tersebut, kedua motor listrik di gardan depan bekerja berpadu dengan motor belakang. Bergantung pada ukuran baterai, jangkauannya hingga 536 kilometer dalam siklus WLTP.

Pilihan desain telah menggantikan lini peralatan tradisional untuk interior. Pilihan interior yang selaras terinspirasi oleh lingkungan hidup modern dan menggunakan bahan yang diproses dan didaur ulang secara berkelanjutan seperti wol dan kulit yang disamak dengan ekstrak tumbuhan.

Enyaq iV juga merupakan model Skoda pertama yang menampilkan head-up display dengan augmented reality, yang menampilkan informasi tentang kecepatan dan rambu lalu lintas di dua area bidang penglihatan utama pengemudi.

Pada pertengahan 2019, Skoda mempersembahkan model seri listrik pertama dalam sejarah 125 tahun dengan Skoda CitiGOe iV dan Skoda Superb iV dengan penggerak hibrida plug-in. Di pabrik utamanya di Mladáa Boleslav Skoda memproduksi baterai traksi tegangan tinggi yang juga digunakan oleh merek Grup lain dalam model mereka dengan penggerak hibrida plug-in.

Skoda Auto juga menekankan pentingnya pelatihan yang ditargetkan dan komprehensif di bidang elektromobilitas untuk karyawan dan peserta magang serta pemasok. Hingga saat ini, lebih dari 16.000 anggota tim telah berhasil menyelesaikan kursus pelatihan khusus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Skoda Auto Skoda Enyaq iV
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top