Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Civic Estilo, Sedan Jadul yang Masih Banyak Pecinta

Honda Civic generasi jadul mungkin masih menjadi incaran bagi pecinta otomotif. Bahkan harga beberapa generasi sedan kompak yang populer selain Toyota bisa dikatakan masih bersaing dengan mobil jenis serupa keluaran terbaru.
Honda Civic Estilo. Jumlah produksi yang terbatas inilah yang juga menarik para kolektor mobil tua melirik Estilo.  /HCEI
Honda Civic Estilo. Jumlah produksi yang terbatas inilah yang juga menarik para kolektor mobil tua melirik Estilo. /HCEI

Bisnis.com, JAKARTA - Honda Civic generasi jadul mungkin masih menjadi incaran bagi pecinta otomotif. Bahkan harga beberapa generasi sedan kompak yang populer selain Toyota bisa dikatakan masih bersaing dengan mobil jenis serupa keluaran terbaru.

Contohnya saja Honda Civic Estilo model orisinil Indonesia bisa laku dengan harga Rp200 juta-Rp300 juta. Sementara versi Japanese domestic market (JDM) laku di harga Rp250-400 juta.

"Populasinya sedikit enggak terlalu banyak jadi peminatnya banyak. Harga mobilnya semakin hari semakin naik," ujar Ketua Pengurus Honda Civic Estilo Indonesia (HCEI) regional Jakarta Arby Paulus kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Arby menerangkan Civic berkode EG/EH ini masuk ke Indonesia pada 1992-1995. Selama 4 tahun diproduksi, Estilo sempat kalah pamor dengan saudaranya Genio. Sebab saat itu image yang terbentuk di kalangan masyarakat Tanah Air, mobil yang pas adalah mobil berkapasitas besar, bukan yang memiliki dua pintu saja.

Jumlah produksi yang terbatas inilah yang juga menarik para kolektor mobil tua melirik Estilo. Keberadaannya di Indonesia mungkin sekitar 150 unit, sesuai dengan jumlah anggota komunitas HDCI.

Honda Civic Estilo, Sedan Jadul yang Masih Banyak Pecinta

Lagipula, kata Arby, Estilo seakan tak tenggelam dimakan waktu. Walaupun sudah berumur sekitar 25-27 tahun, Arby menyebut mesin Honda Civic generasi kelima ini masih ngegas, tak kalah dengan sedan keluaran terbaru, tampilannya pun tetap menarik mata.

"Model eye catching, langka, mesinnya bandel. Pakai seri D16, bawaan Estilo Honda Indonesia, itu oke banget," tambahnya.  

Walaupun demikian, seperti halnya pacaran, Estilo terkadang suka ngambek di perjalanan. Arby menyebut itu bukan menjadi masalah apabila bergabung dengan komunitasnya. Sebab mereka memiliki koneksi maupun informasi tentang penanganan Honda Civic Estilo.

Dengan ikut komunitas, mereka bisa mendapat pengetahuan, bukan hanya soal merawat Estilo, namun juga mendapat suku cadang yang terbilang langka ini. "Part aksesorisnya agak susah, di komunitas bisa ketemu," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper