Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Melihat Jejak 70 Tahun Perjalanan Maserati A6G 2000

Maserati merayakan ulang tahun ke-70 A6G 2000 untuk memastikan kembali nilai-nilai tradisional lalu berupa eksklusivitas, desain unik, dan 100 persen DNA Italia tetap mengakar pada model terkini dan masa depan merek.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 27 Februari 2021  |  15:51 WIB
Maserati A6G Spider Frua.  - Maserati
Maserati A6G Spider Frua. - Maserati

Bisnis.com, JAKARTA - Maserati merayakan ulang tahun ke-70 A6G 2000 untuk memastikan kembali nilai-nilai tradisional lalu berupa eksklusivitas, desain unik, dan 100 persen DNA Italia tetap mengakar pada model terkini dan masa depan merek.

A6G 2000 pertama, mobil yang mewakili seri A6, dibuat oleh Maserati sejak 1947 hingga 1956 dan dinamai sebagai penghormatan kepada Alfieri Maserati (karena itu huruf A) dengan 6 yang menunjukkan jenis mesin (lurus 6) dikirim tepat 70 tahun yang lalu, pada Februari 1951.

Model baru ini menggantikan mobil sport seri A6 1500, dan namanya mengacu pada besi cor (ghisa) dari bak mesin (G) dan mesin berkapasitas 2.000 cc.

Menjawab tren di pasar Italia yang menuntut mobil berperforma lebih tinggi, seiring dengan kondisi ekonomi yang membaik, Maserati mengubah mesin dua liter A6GCS untuk sepenuhnya memanfaatkan potensi sasis A6.

Peningkatan kapasitas mesin dibandingkan model A6 sebelumnya dicapai melalui pengerjaan teknik presisi pada lubang dan langkah lurus 6. Mesin yang ditingkatkan, dengan kapasitas 1.954,3 cc, mencapai output tenaga 90 hingga 100 tenaga kuda tergantung pada penyetelan akhir, memungkinkan kecepatan tertinggi 180 km / jam, perwujudan yang jelas dari semangat olahraga berkualitas mobil Maserati.

Turin Motor Show 1950 menjadi latar belakang peluncuran A6G 2000 yang mengesankan, yang disajikan Maserati dalam dua versi: sedan 4-tempat duduk, 2 pintu oleh Pininfarina, dan mobil convertible yang dirancang oleh Pietro Frua.

Enam belas mobil ini dirakit pada 1950 dan 1951: sembilan dengan bodywork oleh Pininfarina, dan lima mobil convertible dan sebuah coupé oleh Pietro Frua. Alfredo Vignale hanya memproduksi satu mobil, A6G 2000 coupé dua warna, dengan ciri khas gaya sportif.

Penggerak roda belakang, kotak persneling dengan empat kecepatan plus mundur, dan kopling cakram tunggal yang dipasang kering melengkapi karakteristik A6G 2000 baru, bersama dengan suspensi depan roda independen dan suspensi belakang yang terdiri dari poros kaku dengan pegas daun.

Rem tromol yang dioperasikan secara hidraulik pada keempat roda dan baja padat atau roda runcing melengkapi perpaduan keahlian dan inovasi teknologi yang dipilih dengan cermat, yang menjadikan mobil ini, yang dibuat untuk beberapa orang, menjadi ikon di kancah otomotif pada masa itu.

Keunikan, sportivitas, dan konstruksi Italia semuanya merupakan inti dari DNA Maserati dan masih terlihat hingga saat ini dalam model-model baru yang akan menjadi ciri tahun-tahun mendatang, dengan solusi teknologi tercanggih.

Menganut konsep inovatif secara alami, Maserati merencanakan masa depannya dengan tetap percaya pada masa lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maserati Mobil Legendaris
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top