Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda Auto Catat Produksi 3 Juta Unit di China

Skoda Auto mencapai tonggak sejarah produksi 3 juta unit mobil di China, sejak pertama kali pabrik Ningbo melakukan perakitan pada 2007.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  19:25 WIB
Skoda Auto merayakan produksi ketiga juta unit mobil yang diproduksi di China. Model Karoq yang diproduksi di pabrik Ningbo menjadi model yang ke 3 juta unit diproduksi di China. - Skoda
Skoda Auto merayakan produksi ketiga juta unit mobil yang diproduksi di China. Model Karoq yang diproduksi di pabrik Ningbo menjadi model yang ke 3 juta unit diproduksi di China. - Skoda

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto mencapai tonggak sejarah produksi 3 juta unit mobil di China, sejak melakukan perakitan pertama pada 2007.

Saat ini, pabrikan mobil Ceko tersebut mengoperasikan empat pabrik di China bersama mitra usaha patungannya, yang memproduksi sembilan model Skoda.

China telah menjadi pasar tunggal terkuat untuk Skoda sejak 2010 dan merupakan satu-satunya negara di mana pabrikan menawarkan lima model SUV. Skoda ketiga yang dibangun di China adalah Karoq.

"Tiga juta Skoda produksi di China adalah tiga juta alasan untuk dirayakan. Atas nama Dewan Direksi Skoda Auto, saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang bekerja di SAIC Volkswagen," ujar Michael Oeljeklaus, Anggota Dewan Skoda Auto untuk Produksi dan Logistik, Selasa (21/7/2020).

Ralf Hanschen, Presiden Skoda China, mengatakan produksi dan pengiriman tiga juta kendaraan adalah tonggak sejarah Skoda di China. Ini jajaran model yang luar biasa, kolaborasi erat dengan mitra usaha patungan, SAIC Volkswagen, layanan profesional dealer Skoda, dan komitmen dan kerja keras rekan kerja.

Skoda sudah aktif di pasar mobil penumpang China sejak 1930-an. Pada 1936, merek Ceko memiliki lima agen penjualan di sana. Kisah sukses baru-baru ini dimulai pada 2007, ketika Skoda kembali ke pasar China sebagai bagian dari usaha patungan SAIC Volkswagen dan mulai memproduksi Skoda Octavia secara lokal di Shanghai.

Produksi Skoda di China melaju cepat. Produksi pada 2007 sebanyak 39.000 unit, dan para periode 2008 dan 2010 mencapai 385.000 unit. Dalam tiga tahun berikutnya, dari 2011 hingga 2013 sebanyak 705.000 unit, pada 2014-2016 sebanyak 873.000 unit. Pada 2017-2019 sebanyak 953.000 unit.

Selain Octavia, yang merupakan jantung dan mesin merek di China, Karoq diproduksi di Ningbo. SUV Kodiaq dan turunan coupé Kodiaq GT diproduksi di pabrik di Changsha. Spaceback Rapid dan Rapid diluncurkan dari jalur perakitan di pabrik di Yizheng, sedangkan SuperB, Kamiq dan Kamiq GT diproduksi di Nanjing.

China adalah satu-satunya pasar di mana Skoda menawarkan lima model SUV, termasuk Kodiaq GT dan Kamiq GT yang dirancang khusus untuk China.

China telah menjadi pasar tunggal terbesar merek Ceko di seluruh dunia selama 10 tahun, yang mana satu dari empat Skoda dijual.

Skoda Auto DigiLab China dibuka di Beijing pada April 2019. Di pusat inovasi ini, Skoda bermitra dengan perusahaan baru lokal. Fokusnya adalah mobilitas masa depan dan digitalisasi, serta pengembangan dan implementasi bidang bisnis baru.

Tonggak sejarah ŠKODA di pasar China

›2007: Skoda Octavia diproduksi di pabrik Shanghai
›2010: Cina menjadi pasar tunggal terbesar Skoda.
›2015: Skoda memproduksi 1,5 juta unit di China.
›2018: Pada November, Kodiaq GT debut di China.
›2019: Skoda merayakan kendaraan ke-22 juta unit, Kodiaq GT dijalur produksi di pabrik Volkswagen SAIC Cina di Changsha.
›2019: November, coupe SUV kedua, Skoda Kamiq GT, memulai debutnya.
›2020: Skoda ketiga juta unit produksi China meluncur di Pabrik Ningbo. SUV kompak Karoq.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Skoda Auto Skoda Kodiaq
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top