Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda 125 Tahun : Sukses Reli Inspirasi Popular Monte Carlo 1936

Skoda merayakan perjalanan sejarah 125 tahun di dunia otomotif. Salah satu kisahnya adalah keberhasilan di Reli Monte Carlo yang menginspirasi peluncuran model Popular Monte Carlo pada 1936.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 08 Agustus 2020  |  20:00 WIB
Skoda Popular Monte Carlo.  - Skoda
Skoda Popular Monte Carlo. - Skoda

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda merayakan perjalanan sejarah 125 tahun di dunia otomotif. Salah satu kisahnya adalah keberhasilan di Reli Monte Carlo yang menginspirasi peluncuran model Popular Monte Carlo pada 1936.

Aktivitas motorsport dari merek yang berbasis di Mlada Boleslav dimulai pada 1901. Tak lama kemudian, Reli Monte Carlo menjadi salah satu ajang di mana Skoda secara teratur berkompetisi. Misalnya, pada 1912, ketika pebalap Count Sascha Kolowrat-Krakowsky mengambil bagian pada tahun kedua reli dengan mobil atap terbuka yang dibuat oleh Laurin & Klement.

Pada Januari 1936, roadster Popular khusus melaju ke posisi kedua di kelas di bawah 1.500cc. Sejak saat itu, pelanggan juga mendapat manfaat dari pengalaman yang diperoleh pabrikan mobil Ceko di bawah kondisi ekstrim Monte.

Tanggapan positif atas kesuksesan sport ini menginspirasi Skoda untuk meluncurkan edisi khusus terbatas dengan bodi coupe dan roadster: Versi atap terbuka pertama Popular Monte Carlo dikirimkan kepada pembelinya pada Juli 1936, dan pada 1 Oktober pada tahun yang sama model baru merayakan premier dunianya di Paris Motor Show.

Pelanggan menghargai mesin empat silinder dengan 31 hp (23 kW) dan kapasitas 1,4 liter, yang berasal dari Rapid lebih besar dan telah membuktikan nilainya di Monte Carlo Rally. Sasis juga sesuai dengan karakter sporty mobil tersebut.

Rangka tubular sentral yang sangat kaku namun ringan bercabang di depan untuk mengakomodasi mesin. Transmisi tiga kecepatan dipindahkan ke poros belakang yang digerakkan dalam desain transaxle yang canggih, termasuk kotak transfer dan diferensial, serta suspensi independen di semua roda.

Semua faktor ini berkontribusi pada traksi, stabilitas, dan kemampuan manuver mobil yang luar biasa. Rem hidrolik modern dan kemudi rack-and-pinion yang presisi juga meningkatkan karakteristik dinamis dari Popular Monte Carlo, yang dapat mencapai kecepatan hingga 110 km / jam.

Varian coupe dua tempat duduk berukuran panjang 4.200 milimeter, lebar 1.500 dan tinggi 1.370 dan berat 960 kilogram, sekitar 60 kilogram lebih berat dari model roadster dasar, yang pada 1936 harganya 28.500 crown - lebih murah dari edisi khusus, yang datang dengan label harga 35.000 crown.

Sebuah facelift dirilis pada Oktober 1937, dengan sebagian lampu depan tersembunyi di spatbor. Selain itu, dudukan roda telah dimodifikasi dan suspensi disesuaikan; jarak sumbu roda yang diperpanjang meningkatkan ruang interior.

Pada 1938, pemerintah Cekoslowakia mempersembahkan versi mewah dari roadster Monte Carlo Popular kepada kepala negara sekutu Yugoslavia, Raja Petar II Karadordevic, yang saat itu baru berusia 14 tahun.

Monte Carlo Popular coupe hitam dari 1937 yang ditampilkan di sini telah menjadi koleksi Museum Skoda sejak 1968. Dipulihkan secara profesional pada pergantian milenium dan sejak itu menjadi perwakilan dari sejarah 125 tahun Skoda di banyak acara mobil klasik di rumah dan di luar negeri.

Sekitar selusin kendaraan model ini bertahan hingga hari ini. Kedua coupe saat ini sedang menjalani renovasi besar-besaran di bengkel Museum Skoda, dan roadster Popular Monte Carlo juga akan segera dibangun kembali di sini.

Pada 2011, Skoda menghidupkan kembali tradisi edisi khusus Monte Carlo, Fabia Monte Carlo diikuti oleh versi serupa dari Citigo, Rapid, Rapid Spaceback, Scala dan Kamiq. Dengan penampilan mereka yang sangat sportif, ini mengingatkan pada keterlibatan panjang dan sukses pabrikan mobil Ceko dalam "Ratu di antara reli", yang berlanjut hingga hari ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Skoda Auto Mobil Legendaris
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top