Produksi Berakhir, Selamat Tinggal VW Beetle

Volkswagen resmi mengakhiri produksi mobil legendaris VW Beetle.
Galih Kurniawan
Galih Kurniawan - Bisnis.com 12 Juli 2019  |  07:59 WIB
Produksi Berakhir, Selamat Tinggal VW Beetle
Unit terakhir VW Beetle di pabrik perakitan Meksiko - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen resmi mengakhiri produksi mobil legendaris VW Beetle.

Acara perpisahan itu dilakukan di pabrik VW Puebla, Meksiko. Produksi unit terakhir Beetle disambut dengan iringan lagu grup mariachi dan disaksikan para pekerja pabrik, Rabu (10/7/2019) waktu setempat.

Tak terasa sudah 80 tahun usia mobil yang kali pertama dirilis di Jerman ini. Desainnya tak mampu lagi mengikuti selera zaman yang kini mengarah ke era sport utility vehicle (SUV).

Pabrik di Puebla memang telah memproduksi mobil yang lebih modern seperti Tiguan, dan rencananya VW Tarek pada tahun depan.

Menurut Chief Executive VW Meksiko Steffen Reiche, mobil-mobil besar ini lebih laku di pasar Amerika Serikat yang notabene menjadi pasar ekspor terbesar kendaraan produksi Meksiko.

“Ini adalah hari terakhir [VW Beetle]. Semuanya sangat emosional,” ujarnya.

VW Beetle edisi paripurna ini menggunakan desain versi ketiga. Unit terakhir akan dijual melalui e-commerce Amazon. Menurut Reiche, hal ini menjadi simbol bahwa VW siap menatap masa depan.

VW Beetle memulai debut pada 1938 yang mengusung semangat kendaraan murah yang menjadi bagian dari upaya Adolf Hitler untuk memacu kepemilikan mobil bagi rakyat Jerman.

Harga terjangkau dan desain yang unik membuat mobil ini sukses besar di pasaran. Bahkan pada 1960 Beetle sempat merajai pasar otomotif Amerika Serikat.

Kendati demikian, lambat laun Beetle semakin tersisihkan dengan kehadiran beragam kendaraan baru. Meski masih menyisakan penggemar fanatik, pada September tahun lalu VW pun harus mengumumkan bahwa produksi mobil ini akan berhenti selamanya. Selamat tinggal Beetle…

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
volkswagen

Sumber : Reuters

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top