Skoda Vision X, SUV Urban Hibrida AWD Tanpa Poros Kardan

Skoda Vision X Concept adalah kendaraan sportif crossover urban di segmen kompak menengah bawah. Konsep hibrida Vision X melanjutkan bahasa desain SUV Skoda.
Fatkhul Maskur | 18 Maret 2018 01:00 WIB
Skoda Vision X - gims.swiss

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto, pabrikan kendaraan bermotor asal Rebublik Czech, mengusung tiga model world premier di ajang Gaikindo International Motor Show (GIMS) 2018. Salah satunya adalah Skoda Vision X Concept.

Skoda Vision X Concept adalah kendaraan sportif crossover urban di segmen kompak menengah bawah. Konsep hibrida Vision X melanjutkan bahasa desain SUV Skoda.

Dengan proporsi yang kompak, Skoda Vision X disajikan sebagai pendamping ideal untuk gaya hidup urban yang aktif. Garis yang tepat dan kontur permukaan yang jelas mencirikan eksterior dan menyoroti karakter dinamis dari studi hibrida FlexGreen.

Sebuah atap yang kontras dengan Anthracite membuat aksen sportif. Selain itu, bumper khas, kusen samping yang dominan, atap kaca panoramik yang besar dan velg 20 inci membuat tampilan yang kuat. Desainnya yang tajam itu terinspirasi dari kaca kapur tradisional Ceko.

Tampilan warna yang besar dan efek pencahayaan yang mengesankan menonjolkan desain interiornya.

Bagian dalam Skoda Vision X mendefinisikan bahasa desain yang baru secara fundamental. Dashboard yang lebar dan ergonomis berkontur dengan tampilan warna bebas mendominasi kesan visual di interior.

Layanan infotainment dan konektivitas dapat diakses dengan cepat dan intuitif melalui layar. Unsur iluminasi yang terbuat dari kaca kristal dipotong bersamaan dengan tampilan warna membuat efek pencahayaan atmosfer.

TEKNOLOGI

Konsep berkendara yang sangat lestari dari studi crossover urban yang dilukis FlexGreen memiliki kombinasi mengesankan dari CNG (compressed natural gas) dan drivetrain bertenaga bensin dan dua motor listrik. Teknologi baru ini membuat emisi CO2 rendah hanya 89 g/km.

Mesin pembakaran internal adalah mesin turbocharged TSI G-TEC berkapasitas 1,5 liter yang dirancang khusus untuk digunakan dengan CNG (gas alam terkompres). Penggerak CNG menghasilkan output maksimum 96 kW (130 hp) dan torsi maksimum 250 Nm.

Satu tangki CNG terletak di bawah jok belakang; yang kedua di belakang as roda belakang. Unit CNG menggerakkan as roda depan; sebuah motor listrik menggerakkan as roda belakang. Ini diaktifkan sesuai kebutuhan - untuk menggunakan daya tambahan saat memulai (meningkatkan efek) atau memperbaiki daya tarik pada permukaan halus dan di luar jalan.

Kapasitas unit penyimpanan energi kompak untuk motor listrik cukup untuk mendorong konsep studi menempuh jarak hingga dua kilometer dengan tenaga listrik saja.

Vision X adalah kendaraan all-wheel-drive Skoda pertama tanpa poros kardan. Ini memiliki manfaat yang jelas: turunkan berat secara otomatis berarti konsumsi energi lebih sedikit. Selain itu, motor listrik hanya menyala saat dibutuhkan. Dua motor listrik mendukung drive CNG.

Penggerak empat roda terdiri dari mesin pembakaran yang dilengkapi dengan salah satu dari dua motor listrik - starter-driven belt-driven (BSG) dan motor listrik kedua di as roda belakang, didukung oleh sistem baterai lithium-ion 48 volt.

Berkat pemulihan baterai lithium-ion saat mengemudi: selama pengereman dan pengereman, Vision X mengubah energi kinetik menjadi energi listrik dan menggunakan energi ini kemudian untuk mengemudi.

Torsi maksimum 70 Nm tersedia dari macet, terasa mengintensifkan spontanitas saat memulai dan kelincahan dalam kecepatan semburan pendek. Kelebihan dari isi ulang baterai antara lain berbobot rendah, berkapasitas lebih tinggi dan harga terjangkau.

Drive dengan penggerak depan, belakang atau roda empat sesuai kebutuhan. Roda belakang membawa 1000 Nm ke jalan, dan modelnya memiliki jangkauan hingga 650 kilometer berkat tangki cadangan bensin tambahan. Performa sistem dari dua unit drive memungkinkan SKoda Vision X untuk berakselerasi 0-100 km / jam dalam 9,3 detik, dengan kecepatan tertinggi 200 km / jam.

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top