Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda Fabia Combi : Kunci di Balik 20 Tahun Sukses

Skoda Fabia Combi versi estate debut perdana di Paris Motor Show 2001. Sejak saat itu, model yang dinobatkan sebagai Car of the Year 2001 itu mengukir sukses dengan angka penjualan hingga saat ini mencapai 1,47 juta unit.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 September 2020  |  14:11 WIB
Generasi pertama Skoda Fabia Combi, yang dibangun pada 2000 hingga 2006, memenangkan hati pelanggan tidak hanya dengan ruangnya yang lapang tetapi juga peralatan standarnya yang beragam dan banyak pilihan modern.  - Skoda
Generasi pertama Skoda Fabia Combi, yang dibangun pada 2000 hingga 2006, memenangkan hati pelanggan tidak hanya dengan ruangnya yang lapang tetapi juga peralatan standarnya yang beragam dan banyak pilihan modern. - Skoda

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Fabia Combi versi estate debut perdana di Paris Motor Show 2001. Sejak saat itu, model yang dinobatkan sebagai Car of the Year 2001 itu mengukir sukses dengan angka penjualan hingga saat ini mencapai 1,47 juta unit.

Generasi pertama Fabia Combi diluncurkan satu tahun setelah versi hatchback dari Fabia pertama. Fabia Combi terpilih sebagai Car of the Year 2001 di Republik Ceko, dan memenangkan banyak penggemar.

Salah satu kekuatan terbesarnya adalah model estate di segmen mobil kecil yang menawarkan banyak ruang bagi penumpang dan kapasitas bagasi meningkat dari 426 menjadi 1.225 liter dengan total panjang bodi hanya 4,22 meter pada model generasi berikutnya.

Dikombinasikan dengan rasio harga-kinerja yang baik, kelapangannya telah menjadikan Fabia Combi sebagai teman sehari-hari yang populer, terutama di kalangan keluarga muda, selama dua dekade.

Hingga saat ini, Skoda telah memproduksi 1,5 juta unit Fabia Combi, termasuk varian kendaraan niaga PRAKTIK. Ini berarti bahwa Combi memiliki pangsa 34 persen dari semua Fabia yang dikirimkan dalam tiga generasi.

Selain ruangnya yang luar biasa, Fabia Combi telah membuktikan nilainya selama dua dekade dengan teknologi modern, berbagai mesin dan banyak pilihan peralatan. Skoda juga menawarkan varian model khusus, misalnya, untuk pecinta kendaraan dengan bakat off-road yang tangguh dan penggemar olahraga.

Skoda Fabia Combi sejak generasi pertama 2000-2007 dilengkapi dengan enam mesin pilihan, peralatan ekstensif, dan bagian yang sangat praktis. Selain ruangnya yang lapang, Fabia Combi dilengkapi juga peralatan standar yang luas dan berbagai opsi modern.

Sistem navigasi, cruise control, sensor parkir di bagian belakang, ESC kontrol stabilitas elektronik dan kontrol iklim otomatis termasuk pendingin untuk kompartemen sarung tangan sudah tersedia pada saat itu.

Tempat cangkir berputar untuk pengemudi adalah cikal bakal ide-ide Simply Clever di kemudian hari.

Dalam hal powertrains, empat mesin bensin dengan kapasitas 1.4 dan 2.0 liter dan output mulai dari 44 kW (60 hp) hingga 85 kW (115 hp) tersedia pada model tahun pertama. Skoda juga menawarkan dua mesin diesel 1.9 liter dengan 47 kW (64 hp) atau turbocharged dengan output 74 kW (100 hp).

Fabia Combi generasi pertama juga tersedia sebagai varian kendaraan niaga PRAKTIK. Penerus Forman Praktik ini memiliki dua kursi dan area kargo dibagi dengan partisi tetap. Panel lembaran logam dengan warna yang sama dengan kendaraan yang menggantikan jendela samping belakang, dan area muatan dapat diakses melalui pintu belakang atau pintu samping kanan belakang.

GAYA OFFROAD

Fabia Combi hadir dengan gaya off-road, yakni Fabia Combi Scout dan Scoutline. Skoda menawarkan Fabia Combi dalam varian model Scout dari generasi kedua dan seterusnya (2007-2014).

Trim plastik abu-abu dan perak di bagian depan dan belakang serta pada pelapis lengkungan roda dan side skirts menjadi ciri tampilan yang kokoh dari model ini, yang dilengkapi dengan velg 16 inci sebagai standar. Interiornya juga didasarkan pada model Scout yang sukses dari seri lain, dengan sarung jok khusus dan trim dekoratif.

Mesin diesel pompa-nosel dengan kapasitas 1.4- dan 1.9 liter dan 59 kW (80 hp) atau 77 kW (105 hp) dan mesin bensin dengan 63 kW (85 hp) atau 77 kW (105 hp) mengirimkan tenaga ke roda depan melalui transmisi manual 5-kecepatan atau 6 kecepatan otomatis.

Paket jalan yang buruk dengan peningkatan jarak bebas ke tanah juga tersedia berdasarkan permintaan.

Pada generasi ketiga Fabia Combi saat ini, varian perlengkapan ini menyandang nama Scoutline dan menampilkan detil serupa, yakni spoiler depan yang unik dan bumper belakang hitam matt yang kokoh dengan trim perak, pelapis lengkung roda hitam matt dan side skirts, spion dan rel atap dari perak dan pelek 16 inci.

Fabia Combi Scoutline berpenggerak roda depan tersedia dengan semua mesin.

MODEL SPORTIF

Skoda Fabia Combi juga memiliki sisi yang sportif, terutama pada versi RS. Pada generasi kedua Fabia, kombinasi huruf untuk "Rally Sport" digunakan pada Combi serta model hatchback.

Mobil ini menampilkan karakteristik tampilan sport RS dan, berkat mesin 1,4 TSI yang diisi ganda, menawarkan dinamika berkendara yang luar biasa. Kombinasi supercharger mekanis dan turbocharger menghasilkan output 132 kW (180 hp).

Model teratas dari seri ini, yang ditawarkan dari 2010 hingga 2014, memiliki DSG 7 kecepatan sebagai standar. Model MONTE CARLO, yang telah menjadi bagian dari rangkaian model Fabia Combi sejak generasi kedua, juga mencerminkan sejarah reli merek tersebut.

Mereka memiliki eksterior yang sportif dengan aksen hitam yang mencolok dan suspensi sporty. Interior yang didominasi warna hitam hadir dengan jok sport, dan dalam model saat ini dengan sandaran kepala terintegrasi dan trim merah, roda kemudi sport kulit dan strip dekoratif eksklusif serta aksesori.

REVOLUSI RUANG LAPANG

Ruang seri yang sangat luas telah menjadi fitur pembeda dari Skoda Fabia Combi selama dua puluh tahun. Kapasitas minimum boot telah meningkat lebih dari 100 liter selama periode ini. Generasi pertama dari Fabia Combi menawarkan kapasitas bagasi minimal 426 liter, yang dapat diperpanjang hingga 1.225 liter dengan melipat kursi belakang.

Dengan diperkenalkannya generasi kedua, volume dasar meningkat menjadi 480 liter; volume maksimum meningkat secara impresif 235 liter menjadi 1.460 liter dan dengan demikian ke tingkat yang hanya ditemukan pada kendaraan kelas kompak.

Generasi ketiga dihadirkan pada 2014 dan akhirnya mengukuhkan Fabia sebagai kendaraan jarak jauh dengan okupansi kursi penuh. Volume kompartemen bagasi bertambah 50 liter menjadi 530 liter dengan menempatkan kursi belakang, membawa kompartemen bagasi hingga dimensi perkebunan ukuran sedang.

Pembaruan desain dan teknologi untuk Skoda Fabia pada 2018, empat tahun setelah diperkenalkannya generasi ketiga, Skoda secara ekstensif memodernisasi mobil kecilnya yang populer.

Penjualan Fabia Combi.

- Fabia Combi Generasi Pertama (2000-2007): 574.600 unit
- Fabia Combi Generasi Kedua (2007-2014): 513.400 unit
- Fabia Combi Generasi Ketiga (2014-saat ini): 382.900 unit

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MPV Skoda Fabia
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top