Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Avanza Tak Lagi Terlaris, MPV Masih Jadi Andalan Toyota

Segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi andalan PT Toyota Astra Motor sepanjang tahun lalu, meski model unggulannya Avanza tak lagi menjadi mobil terlaris di Tanah Air.
Toyota Avanza Veloz. Penjualan ritel Avanza pada Agustus masih terhitung baik di angka 2.231 unit. /BISNIS.COM
Toyota Avanza Veloz. Penjualan ritel Avanza pada Agustus masih terhitung baik di angka 2.231 unit. /BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA – Segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi andalan PT Toyota Astra Motor sepanjang tahun lalu, meski model unggulannya Avanza tak lagi menjadi mobil terlaris di Tanah Air.

Berdasarkan data yang dirilis PT Toyota Astra Motor (TAM), segmen MPV menjadi kontributor terbesar dengan capaian penjualan sebanyak 105.274 unit atau menopang 57,6 persen dari total penjualan ritel Toyota pada 2020, yakni 182.665 unit.

Di tengah penurunan di segmen Low MPV, Avanza-Veloz mampu meraih 40.728 unit penjualan yang secara komposisi berkontribusi sebesar 38,7 persen di segmen MPV Toyota.

Kijang Innova juga ikut menopang segmen tersebut dengan berkontribusi sebesar 28,5 persen atau membukukan penjualan sebanyak 29.952 unit di sepanjang tahun lalu.

Sementara itu, kontributor kedua dalam penjualan ritel Toyota pada tahun lalu adalah segmen sport utility vehicle (SUV) dengan capaian 47.995 unit, berkontribusi 26,8 persen dari total penjualan ritel TAM.

Toyota Rush yang berada di segmen Medium MPV menjadi kontributor terbesar di segmen SUV Toyota dengan angka penjualan ritel 34.528 unit atau menopang 71,9 persen dari segmen SUV Toyota.

Meski penjualan otomotif pada 2020 tertekan pandemi Covid-19, TAM tetap mampu mempertahankan pangsa pasar di level yang sama seperti 2019, yaitu 31 persen.

Pencapaian itu menempatkan Toyota sebagai pemimpin pasar kendaraan roda empat atau lebih di Indonesia, sekaligus membuktikan komitmen mereka untuk menjadi rekan mobilitas terbaik bagi masyarakat.

“Meskipun situasi pada 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya dengan menghadirkan line-up kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan,” ujar President Director TAM, Susumu Matsuda.

Seperti yang diketahui¸data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2020 menunjukkan bahwa Honda Brio resmi menjadi mobil terlaris di Indonesia, mengalahkan Toyota Avanza.

Menurut data Gaikindo, distribusi dari pabrik ke dealer dari Honda Brio tercatat sebanyak 40.879 unit, membuat model low cost green car ini menjadi mobil terlaris sepanjang 2020.

Di posisi kedua ada kendaraan niaga pikap Suzuki Carry yang membukukan penjualan sebanyak 38.072 unit. Adapun, Toyota Avanza bertengger di peringkat ketiga dengan capaian wholesales 35.754 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper