Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Sedan Mercedes-Benz Juli 2023 Turun, Ini Penyebabnya

Penjualan mobil sedan dari Mercedes-Benz pada Juli 2023 turun 18,93 persen dibandingkan bulan sebelumnya.
Mercedes Benz E-Class. /Mercedes Benz
Mercedes Benz E-Class. /Mercedes Benz

Bisnis.com, JAKARTA — Penjualan mobil sedan dari Mercedes-Benz mengalami penurunan pada Juli 2023 akibat adanya kendala pasokan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan sedan dari merek di bawah naungan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) itu mencapai 137 unit ada Juli 2023. Angka penjualan ini turun 18,93 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 169 unit.

Secara terperinci, penjualan sedan di bawah 1.500 cc mencapai 14 unit dan sedan bermesin 1.500-3.000 cc mencapai 123 unit. Sementara itu, Mercedes-Benz tidak mencatatkan penjualan sama sekali untuk sedan bermesin lebih dari 3.000 cc.

Head of Marketing Communications and Public Relations PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, salah satu penyebab turunnya penjualan ini adalah kondisi pasokan yang membuat pihaknya tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal.

“Penurunan penjualan kami di bulan Juli secara umum terjadi dikarenakan adanya kendala beberapa hal seperti kondisi supply di mana karena satu dan lain hal kami tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal,” ujar Kerry kepada Bisnis, Senin (4/9/2023).

Dia mengimbuhkan, faktor lain yang menyebabkan penjualan sedan turun pada Juli 2023 adalah model E-Class dari Mercedes-Benz yang memasuki tahap run-out program. Hal ini membuat pelanggan cenderung menunggu model terbaru.

Padahal, dia menyebut kategori sedang merupakan model tulang punggung dari penjualan Mercedes-Benz yang berkontribusi hingga 50 persen sepanjang Januari-Agustus 2023.

“Adapun, profil konsumen sedan kami masih didominasi oleh kalangan pengusaha, business leader, dan juga kendaraan operasional dari beberapa petinggi di BUMN,” tuturnya.

Dia mengatakan, tidak ada strategi secara spesifik dari Mercedes-Benz untuk mendongkrak penjualan mobilnya. Dia hanya menyebut pihaknya berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggannya.

Namun demikian, berdasarkan data Gaikindo, penjualan Mercedes Benz secara wholesales mencapai 317 unit pada Juli 2023, naik dari 299 unit dibandingkan Juni 2023.

Model sedan mendominasi penjualan Mercedes Benz selama Juli 2023 dengan kontribusi sekitar 42 persen. Disusul oleh model sport utility vehicle (SUV) dengan kontribusi hingga 32 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper