Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Sedan Toyota Turun, Corolla Altis Baru Belum Tunjukkan Taji

Pembaruan pada model Corolla Altis belum mampu meningkatkan penjualan segmen sedan Toyota-Astra Motor (TAM)
Toyota Camry. /Toyota Astra Motor
Toyota Camry. /Toyota Astra Motor

Bisnis.com, JAKARTA — Penjualan segmen sedan PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengalami penurunan sepanjang Januari-Oktober 2023. Pembaruan pada model Corolla Altis pun belum mampu meningkatkan penjualan pada segmen ini.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan penjualan sedan Toyota secara wholesales mencapai 1.850 unit sepanjang Januari-Oktober 2023, turun 8.9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 1.988 unit.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan meski terjadi penurunan, penjualan segmen sedan Toyota masih dapat diterima secara keseluruhan. Toyota pun masih akan mengisi berbagai segmen produk termasuk sedan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas.

“Secara total performa menurut kami masih acceptable karena secara market share Toyota cukup lumayan ya diatas 33% baik di entry dan low sedan. Bahkan hampir 60% di medium sedan,” ujar Anton kepada Bisnis, Minggu (19/11/2023).

Secara rinci, penjualan sedan Toyota dengan kapasitas kurang dari 1.500 cc melalui model Vios telah terjual sebanyak 468 unit sepanjang Januari-Oktober 2023, naik dari 153 unit. Kenaikan terjadi karena adanya peluncuran model Vios baru pada akhir 2022.

Sementara untuk sedan 1.500-3.000 cc yang terdiri dari Corolla Altis, hingga Camry mencapai 1.343 unit sepanjang Januari-Oktober 2023, turun dari 1.835 unit dibanding tahun lalu. Dia pun mengakui pembaruan pada Corolla belum langsung mendorong penjualan.

“Corolla Improvement sebenarnya baru belum lama kami luncurkan tapi rasanya belum akan langsung menunjukkan impact ya karena memang market sedan di seluruh segment cukup niche,” tuturnya.

Pada Oktober 2023, Toyota melakukan pembaruan untuk Corolla Altis dengan adanya penyegaran pada eksterior dan interior. Terdapat dua varian untuk Corolla Altis, yakni 1.8 V CVT dan 1.8 HEV CVT.

Penyegaran eksterior terletak pada New Lower Grille Design dari bentuk horisontal menjadi motif jaring bergaya racing, ditambah desain velg 17 inci. Pada desain interior perubahan terdapat pada platform TNGA dengan tambahan pada sistem hiburan.

Head unit yang  berukuran 9 inci telah terintegrasi dengan enam speaker, AM/FM, Bluetooth dan Wifi, NFC (Khusus V),Voice Command, Wireless Apple CarPlay, serta Android Auto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper