Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota bZ4X hingga MG 4 EV Wajar Lebih Murah di Thailand, tapi Wuling Air ev?

Toyota bz4X dan MG 4 EV dikenakan pajak penuh dikarenakan masih diimpor utuh, sebaliknya Wuling Air ev merupakan penikmat berbagai insentif fiskal.
Produk mobil listrik Wuling Motors Indonesia yakni Air ev/ BISNIS-Jaffry Prabu Prakoso.
Produk mobil listrik Wuling Motors Indonesia yakni Air ev/ BISNIS-Jaffry Prabu Prakoso.

Bisnis.com, JAKARTA- Harga-harga mobil listrik di Thailand tercatat lebih murah dibandingkan Indonesia, antara lain untuk Toyota bz4X, MG 4 EV, bahkan hingga Wuling Air ev yang notabene penikmat insentif fiskal dari pemerintah.

Berdasarkan catatan Bisnis, terdapat beberapa model mobil listrik yang sama-sama dijual baik di Indonesia maupun Thailand. Hanya saja, rata-rata harga mobil listrik tersebut lebih murah di Thailand.

Semisal, banderol mobil listrik murni andalan Toyota yaitu bZ4X di Indonesia mencapai Rp1,19 miliar sedangkan di Thailand hanya sebesar 1.836 juta baht atau setara Rp790,4 juta (kurs Rp430,6518).

Selain itu, mobil listrik Morris Garage (MG) 4 EV dengan harga sebesar Rp649,9 juta yang baru diumumkan di Tanah Air. Ternyata, di Thailand mobil tersebut memiliki banderol setengah harga dari Indonesia, yaitu Rp374 juta.

Harga mobil di Indonesia dibanding negara lain lebih mahal menjadi hal lumrah karena banyaknya jumlah pajak yang diterapkan di Tanah Air. Terlebih untuk produk yang masih harus diimpor utuh, bakal terkena pajak berlapis mulai dari Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), hingga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Persoalannya, untuk produk yang telah mendapatkan insentif fiskal seperti Wuling Air ev sekalipun, banderol harga di Indonesia masih jauh lebih tinggi.  PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) telah memilih Thailand untuk pengapalan mobil listrik Wuling Air ev karena dianggap paling menjanjikan di kawasan Asean.

Mengacu pada media sosial Instagram WulingThai, harga Air ev dibanderol mulai dari 395.000 baht hingga 485.000 baht atau sekitar Rp169 juta sampai Rp207 juta. Sebagai perbandingan, Air ev di Indonesia dibanderol seharga Rp243 juta hingga Rp299,5 juta.

Brand and Marketing Wuling Motors, Dian Asmahani menyebut terdapat perbedaan spesifikasi Air ev Thailand dan Indonesia, sehingga perusahaan memberikan penyesuaian untuk mobil listriknya agar sesuai dengan kondisi pasar di Thailand.

“Air ev yang ekspor ke Thailand memiliki spesifikasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar di sana,” ujarnya kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Wuling Air ev hasil produksi pabrik di Indonesia mulai diekspor sebanyak 400 unit ke Thailand. Mengutip Thaipr.net, Selasa (4/7/2023), mobil listrik berukuran kompak ini didatangkan ke Thailand melalui distributor EV Primus Company Limited.

Perbedaan harga itu, kata Dian, juga dipengaruhi struktur harga dan kebijakan insentif kendaraan listrik menjadi penyebab Air ev lebih murah di Thailand dibandingkan dengan Indonesia. “Kami melihat hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan struktur harga dan kebijakan insentif kendaraan listrik yang berlaku di Thailand dan Indonesia,” jelas Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper