Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Mobil Listrik MG4 EV Lebih Murah di Thailand, Ini Penjelasannya

Faktor perakitan lokal hingga tarif pajak berbeda, membuat harga mobil listrik MG4 EV di pasar Thailand dan Indonesia berbeda.
Tampilan mobil listrik Morris Garage MG4 EV/Bisnis-Anshary Madya
Tampilan mobil listrik Morris Garage MG4 EV/Bisnis-Anshary Madya

Bisnis.com, JAKARTA – Morris Garage Motor Indonesia (MG) menjelaskan alasan harga mobil MG4 EV di Thailand lebih murah dibandingkan dengan Indonesia disebabkan oleh skala ekonomi dan proses manufaktur.

Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga mobil berbeda di setiap negara. Misalnya, dari skala ekonomi di Thailand memiliki pasar mobil listrik yang lebih besar dibandingkan Indonesia.

Faktor tersebut membuat volume produksi mobil listrik MG4 EV di Thailand menjadi efisien, sehingga dengan produksi yang meningkat maka dapat menekan harga mobil. Sebaliknya, di Indonesia mobil listrik MG4 EV masih berstatus impor CBU.

“Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga adalah skala ekonomi. Sebagai contoh, Thailand memiliki pasar mobil listrik yang lebih matang dan lebih besar dibandingkan dengan Indonesia,” kata Arief kepada Bisnis, Selasa (20/6/2023).

Kemudian, proses manufaktur mulai dari komponen dan bahan baku yang dapat diperoleh secara lokal dapat menekan harga mobil. Apalagi, kata Arief, 'Negeri Gajah Putih' telah lebih dulu menarik investasi asing untuk mengembangkan industri kendaraan listrik dibandingkan dengan Indonesia.

“Dengan adanya manufaktur lokal yang kuat, Thailand dapat memperoleh komponen dan bahan baku dengan biaya lebih rendah, yang pada akhirnya dapat mengurangi harga jual mobil listrik di negara tersebut,” tambahnya.

Lebih jauh, regulasi dan kebijakan yang berbeda dari setiap negara juga ikut berpengaruh dalam menentukan harga mobil, mulai dari pajak, bea masuk, hingga insentif. Bahkan, ketersediaan dari infrastruktur pendukung pengisian daya juga turut berkontribusi dalam menekan harga mobil listrik.

Dengan demikian, MG di Indonesia mulai meluncurkan mobil listrik yang lebih terjangkau di kelasnya dibandingkan harga pasaran di Indonesia. “Dengan adanya alternatif mobil listrik yang lebih terjangkau dan dukungan yang lebih kuat dari berbagai pihak, kami berharap dapat menciptakan pasar yang mendukung lingkungan hijau di tanah air,” pungkas Arief.

Sebagai informasi, mobil listrik MG4 EV di Thailand dibanderol hampir setengah harga dibanding Indonesia. Perinciannya, di Tanah Air harga MG4 EV memiliki harga Rp649,9 sedangkan di Thailand Rp374 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper