Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ford Bakal Tambah Diler, Banyak Mitra Lamanya Jual Honda dan Wuling

Ford kini mempunyai jaringan sebanyak 26 diler di seluruh Indonesia.
Ford Ranger Performance. /Ford
Ford Ranger Performance. /Ford

Bisnis.com, JAKARTA - Ford melalui RMA Indonesia mengatakan akan menambah jumlah diler di Indonesia terlebih di Jakarta.

Country Manager RMA Indonesia Pinaki Mukherjee mengatakan saat ini ada 26 diler di seluruh Indonesia, saat ini 4 dari 26 diler menjual semua mobil Ford  secara lengkap, sedangkan sisanya hanya bisa menjual beberapa model Ford. Pinaki mengatakan ke depannya RMA akan menambah diler untuk menjangkau lebih banyak area Indonesia.

"Saat ini di Jakarta, kami hanya memiliki satu diler, dan kami akan memperluas jaringan diler dalam enam bulan ke depan di tahun ini," jelasnya kepada Bisnis, Kamis (8/6/2023)

Adapun untuk strategi penjualan,RMA akan fokus pada experience calon pembeli. RMA akan memberikan kesempatan pada calon pembeli untuk merasakan empat mobil ford.

"Hal ini dilakukan dengan memberikan mereka pengalaman mengendarai keempat kendaraan tersebut, karena jika calon pembeli tidak merasakan keempat kendaraan tersebut, mereka tidak akan menemukan perbedaan dalam persaingan, dan pada dasarnya itulah DNA utama pemasaran kami. kami memberikan pengalaman berkendara kepada pelanggan sebelum mereka memilih seluruh produk," jelasnya.

Managing Director Ford Asia Pacific Distributor Markets DJ Simpson pun menambahkan dari sudut pandang Ford Motor Company, saat ini jaringan distribusi di Indonesia dikerjakan oleh RMA. RMA merupakan distributor lokal di sini, perusahaan bertanggung jawab atas kendaraan Ford dan jaringan diler di seluruh Indonesia.

"Mereka bertanggung jawab atas semua diler dan juga strategi pasar yang mereka miliki, sekarang kami bekerja sama dengan RMA," jelasnya.

Adapun dalam strategi penjualan ataupun pemasaran, cara RMA sudah sama seperti cara Ford yaitu memberikan experience berkendara dengan Ford, agar dapat mengetahui dan merasakan perbedaannya mobil lain dengan Ford.

Dia pun menegaskan Ford dan RMA sudah memiliki strategi yang konkret untuk kembali masuk lagi ke pasar indonesia selama beberapa tahun ke depan.

Bisnis mencatat, sewaktu Ford Motor Indonesia berdiri pada 2013, berbagai mitra diler pun bermunculan. Salah satu yang terbesar adalah Ford Nusantara Bekasi, Jawa Barat.

Pada 2016, Ford hengkang dari Indonesia, dan diler Ford Nusantara beralih dengan menjual produk Honda. Selain Honda, beberapa eks diler Ford pun beralih menjual produk-produk Wuling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper