Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luncurkan Truk Baru, Kemenperin Sebut Mercedes-Benz Produk Eropa Pertama Kenalkan Euro 4 Diesel

Penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) ditargetkan sebesar 29 persen secara mandiri atau 41 persen jika mendapat dorongan internasional. Salah satu upaya strategis yang telah dijalankan di Indonesia adalah penerapan standar emisi Euro 4 untuk diesel sejak April 2022.
Mercedes-Benz Daimler Axor Euro 4/Bisnis Indonesia-Jaffry Prabu
Mercedes-Benz Daimler Axor Euro 4/Bisnis Indonesia-Jaffry Prabu

Bisnis.com, TANGSEL – PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) meluncurkan Mercedes-Benz Axor Euro 4. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebut ini menjadi produk pertama dari merek Eropa yang mengenalkan truk dengan standar Euro 4 di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan bahwa upaya DCVI sejalan dengan program pemerintah dalam menerapkan standar emisi Euro 4 yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap DCVI tetap menjadi pelopor dalam pengembangan kendaraan dengan standar yang lebih tinggi sesuai dengan spek global. Ini akan mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan nilai tambah di dalam negeri, serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya saat peluncuran di Tangerang Selatan, Selasa (7/6/2022).

Taufik menjelaskan bahwa pemerintah saat ini tengah fokus mengedepankan langkah konkret dalam menghadapi isu lingkungan dan perubahan iklim.

Pada 2030, penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) ditargetkan sebesar 29 persen secara mandiri atau 41 persen jika mendapat dorongan internasional. Salah satu upaya strategis yang telah dijalankan di Indonesia adalah penerapan standar emisi Euro 4 untuk diesel sejak April 2022.

Penerapan itu, tambah Taufik, dilakukan pemerintah sebagai bentuk kesiapan industri otomotif untuk menghasilkan produk yang memberikan kontribusi pada pengurangan emisi. Selain itu juga lebih ramah lingkungan.

“Guna mendukung tujuan tersebut, misalnya dari sisi penyediaan bahan bakar pemerintah telah mengimplementasikan standar dan mutu spesifikasi BBM jenis solar 51 dengan kandungan sulfur 50 ppm atau setara euro 4 dengan nama dagang Pertamina Dex,” jelasnya.

Berdasarkan catatan bisnis.com, beberapa perusahaan asal non Eropa telah merilis truk baru dengan standar Euro 4. Beberapa di antaranya adalah Hino dan Mitsubishi Fuso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper