Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luncurkan Truk Baru, Kemenperin Sebut Mercedes-Benz Produk Eropa Pertama Kenalkan Euro 4 Diesel

Penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) ditargetkan sebesar 29 persen secara mandiri atau 41 persen jika mendapat dorongan internasional. Salah satu upaya strategis yang telah dijalankan di Indonesia adalah penerapan standar emisi Euro 4 untuk diesel sejak April 2022.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 07 Juni 2022  |  17:46 WIB
Luncurkan Truk Baru, Kemenperin Sebut Mercedes-Benz Produk Eropa Pertama Kenalkan Euro 4 Diesel
Mercedes-Benz Daimler Axor Euro 4 - Bisnis Indonesia/Jaffry Prabu

Bisnis.com, TANGSEL – PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) meluncurkan Mercedes-Benz Axor Euro 4. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebut ini menjadi produk pertama dari merek Eropa yang mengenalkan truk dengan standar Euro 4 di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan bahwa upaya DCVI sejalan dengan program pemerintah dalam menerapkan standar emisi Euro 4 yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap DCVI tetap menjadi pelopor dalam pengembangan kendaraan dengan standar yang lebih tinggi sesuai dengan spek global. Ini akan mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan nilai tambah di dalam negeri, serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya saat peluncuran di Tangerang Selatan, Selasa (7/6/2022).

Taufik menjelaskan bahwa pemerintah saat ini tengah fokus mengedepankan langkah konkret dalam menghadapi isu lingkungan dan perubahan iklim.

Pada 2030, penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) ditargetkan sebesar 29 persen secara mandiri atau 41 persen jika mendapat dorongan internasional. Salah satu upaya strategis yang telah dijalankan di Indonesia adalah penerapan standar emisi Euro 4 untuk diesel sejak April 2022.

Penerapan itu, tambah Taufik, dilakukan pemerintah sebagai bentuk kesiapan industri otomotif untuk menghasilkan produk yang memberikan kontribusi pada pengurangan emisi. Selain itu juga lebih ramah lingkungan.

“Guna mendukung tujuan tersebut, misalnya dari sisi penyediaan bahan bakar pemerintah telah mengimplementasikan standar dan mutu spesifikasi BBM jenis solar 51 dengan kandungan sulfur 50 ppm atau setara euro 4 dengan nama dagang Pertamina Dex,” jelasnya.

Berdasarkan catatan bisnis.com, beberapa perusahaan asal non Eropa telah merilis truk baru dengan standar Euro 4. Beberapa di antaranya adalah Hino dan Mitsubishi Fuso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top