Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isuzu Beberkan Rencana Produksi Truk Listrik di Indonesia dan Tantangannya

Isuzu membeberkan rencana produksi truk listrik di Indonesia dan tantangannya
Tampilan Isuzu Elf Mobile Charger yang bisa menjadi power bank mobil listrik-Bisnis/Nuhansa Mikrefin
Tampilan Isuzu Elf Mobile Charger yang bisa menjadi power bank mobil listrik-Bisnis/Nuhansa Mikrefin

Bisnis.com, JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di bawah naungan PT Astra International Tbk. (ASII) buka-bukaan mengenai rencana untuk memproduksi truk listrik di Indonesia.

Business Operation & Strategy Division Head IAMI Attias Asril, mengatakan truk listrik Isuzu sejauh ini sudah mulai diproduksi massal di Jepang dan Amerika Serikat (AS). Dia juga mengungkap bahwa perseroan telah membahas rencana untuk memproduksi truk listrik di Indonesia.m

"Untuk pembicaraan mengenai produksi kendaraan listrik Isuzu di Indonesia sudah ada, dan kami serius mempelajari sambil menunggu kesiapan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Akan tetapi, saat ini belum bisa kami sampaikan progresnya," ujar Attias kepada Bisnis, Jumat (30/8/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini tantangan besar yang tengah dihadapi perseroan terkait pengembangan kendaraan listrik yaitu kondisi pasar dan juga berbagai komponen di dalamnya yang cukup kompleks.

Selain itu, masih minimnya stasiun pengisian daya (charging station), terutama untuk truk listrik juga menjadi tantangan bagi pengembangan kendaraan niaga berbasis baterai.

"Sebagai contoh adalah charging station. Charging station bagi kendaraan listrik masih sangat terbatas. Selain itu, durasi pengisian baterai dan jarak tempuh juga masih menjadi critical issue," jelasnya.

Kendati sudah memiliki rencana untuk memproduksi truk listrik di Indonesia, sejauh ini Isuzu belum memiliki fasilitas perakitan untuk truk listrik.

"Saat ini fasilitas produksi lokal untuk truk listrik di Indonesia belum ada. Terkait kapan akan beroperasi belum bisa kami sampaikan detailnya," pungkasnya.

Perlu diketahui, selain telah diproduksi di Jepang, truk listrik Isuzu NRR-EV baru-baru ini juga resmi diproduksi di Amerika Serikat. Produksi akan berlangsung di Charlotte, Michigan, dengan pengiriman pertama dijadwalkan pada September 2024.

Secara global, Isuzu berambisi menjadi pemimpin di pasar kendaraan listrik komersial dan berkomitmen terhadap transportasi berkelanjutan. Adapun NRR-EV menjadi penanda kemajuan Isuzu dalam teknologi otomotif, desain, dan keberlanjutan di segmen kendaraan komersial menengah.

Sementara itu di Indonesia, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Isuzu menempati peringkat ketiga truk terlaris pada Juli 2024, dengan penjualan 1.304 unit.

Merek truk terlaris masih dihuni oleh Hino dengan mencatatkan penjualan sebesar 2.224 unit pada Juli 2024. Disusul Mitsubishi Fuso di peringkat kedua terlaris dengan mencatatkan angka 2.170 unit.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper