Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AISI Berharap Penjualan Sepeda Motor 2023 Tembus 6,2 Juta Unit

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berharap penjualan sepeda motor dapat mendekati angka 6,2 juta unit.
Indonesia Motorcycle Show. /IMOS
Indonesia Motorcycle Show. /IMOS

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berharap penjualan sepeda motor dapat mendekati angka 6,1 juta unit sampai 6,2 juta unit seiring moncernya penjualan sepanjang Januari-Agustus 2023.

Selain itu, pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS)+ 2023 yang akan diselenggarakan pada 25-29 Oktober 2023 juga diharapkan dapat mendongkrak penjualan sepeda motor.

Data AISI pun menunjukkan penjualan sepeda motor sepanjang Januari-Agustus 2023, mencapai 4,21 juta (4.211.737) unit, naik 35,95 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau secara year-on-year (YoY) sebanyak 3,09 juta (3.097.900) unit.

Sebagai informasi, AISI sebelumnya telah memasang target penjualan sepeda motor di pasar domestik dapat mencapai kisaran 5,8 juta unit sampai 6 juta unit.

Ketua Umum AISI Johannes Loman mengatakan penjualan yang moncer tersebut juga didorong oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil, inflasi yang terkendali, harga komoditas yang mulai stabil, serta dukungan instansi pembiayaan yang cukup pruden.

“Kalau kami melihat perkembangan hingga Agustus 2023 dan adanya pameran-pameran ini, kami harapkan itu bisa mendekati 6,1 juta sampai 6,2 juta unit atau akan di atas target yang sudah dicanangkan,” ujar Loman di dalam konferensi pers IMOS+ 2023 di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Dalam pameran IMOS+ 2023, AISI akan menampilkan berbagai produk dan teknologi sepeda motor ramah lingkungan sebagai bukti kesiapan industri sepeda motor mendukung program pemerintah menuju percepatan industri kendaraan bermotor berbasis listrik (KLBB).

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan terdapat beberapa merek sepeda motor baru yang akan hadir pada IMOS+ 2023. Beberapa peserta dari anggota AISI yang akan meramaikan pameran ini adalah PT Astra Honda Motor, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Kemudian terdapat beberapa merek sepeda motor lain seperti Alva, Charged EV, Dhelvic, Gova EV, Ion Mobility, Kool EV, Polytron, Royal Einfield, Savart EV, Scomadi, Selis, dan U-Winfly.

“IMOS+ akan menghadirkan ragam peserta yang lebih lengkap dari berbagai lini industri sepeda motor, dari produk motor Internal Combustion Engine, motor berbasis listrik, hingga berbagai merek dari industri pendukung,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper