Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subsidi Motor Listrik, Aismoli Targetkan Penjualan Tembus 2 Juta unit pada 2024

Asosiasi juga akan menggenjot peningkatan TKDN sesuai peta jalan yang telah ditetapkan pemerintah, seiring dengan terbitnya subsidi sepeda motor listrik.
Tampilan Motor Listrik Volta 401 - Volta Indonesia.
Tampilan Motor Listrik Volta 401 - Volta Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik (Aismoli) berjanji akan membantu industri kendaraan listrik khususnya sepeda motor untuk mencapai kandungan lokal 40 persen. Lebih jauh, asosiasi juga menargetkan penjualan 2 juta unit sepeda motor listrik pada 2024.

Sekjen Aismoli Hanggoro Ananta Khrisna mengatakan hal tersebut sebagai bentuk upaya asosiasi dalam membantu memberikan banyak pilihan motor listrik untuk masyarakat. 

"Untuk kendaraan yang belum mencapai itu kita tanyakan industrinya kita kerja bersama antara pelaku industri dan pemerintah kita bisa dorong 40 persen TKDN yang lain bisa menikmati sehingga konsumen memiliki pilihan yang banyak untuk mendapatkan kendaraan yang mendapatkan bantuan dari pemerintah," ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (8/3/2023).

Kemudian, kata Hanggoro, nantinya pihak asosiasi akan membantu meningkatkan TKDN produk motor listrik hingga pada level 60 persen pada 2024. 

"Kami disini industri hanya bisa mendukung mensukseskan program pemerintah yang lain punya kewajiban meningkatkan TKDN di mana tahun 2024, 60 persen TKDN selanjutnya 80 persen TKDN. Kami mendukung dan bekerja keras untuk mencapai TKDN yang ditentukan pemerintah," tambahnya. 

Adapun, untuk respon  kebijakan subsidi Kendaraan Bermotor Listrik dan Berbasis Baterai (KBLBB) yang diumumkan Pemerintah mulai efektif per 20 Maret 2023, Aismoli masih menunggu rincian petunjuk dan teknis beleid tersebut. 

Oleh karenanya, asosiasi masih belum bisa berkomentar dan mengaku belum ada diskusi lebih jauh terkait hal ini. 

"Kita belum bisa komentar banyak kebijakan insentif ini karena di asosiasi internal sendiri belum ada diskusi mendalam terkait Ini, namun yang bisa saya sampaikan terkait konferensi pers hari ini adalah kita hanya perlu menunggu bagaimana aturan lebih lanjutnya dari pemerintah," pungkas Hanggoro. 

Sebagai informasi, hingga saat ini ada 9 anggota APM yang terdaftar di Aismoli yakni Volta, Viar, Selis, Magnum, Jarvis, Tomara, Polytron, United dan Smoot, beberapa brand yang baru saja bergabung di dalam AISMOLI yakni Alva, HTM & Zero Motorcycles. Adapun Bengkel Konversi yang tergabung Elders Garage dan Bintang Racing Team (BRT).

Tidak hanya itu, asosiasi juga menargetkan pada tahun depan penjualan motor listrik lebih pesat. "Asosiasi berharap bisa menjual 2 juta unit pada tahun depan," ungkap Ketua Umum Aismoli Budi Setiyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper