Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

B35 Belum Standar Euro 4, Begini Tips Perawatan ala Isuzu (IAMI)

Pengguna mesin Euro 4 yang menggunakan B35 harus melakukan perawatan berkala secara telaten.
Mekanik Astra Isuzu. /IAMI
Mekanik Astra Isuzu. /IAMI

Bisnis.com, JAKARTA – Meski bahan bakar nabati B35 bisa digunakan pada kendaraan  Euro 4, tidak menutup fakta bahwa biodiesel tersebut masih tidak sesuai dengan standar mesin Euro 4. Karena itu, Isuzu pun memberikan masukan terkait tips merawat mesin kendaraan.

Pengguna mesin Euro 4 yang menggunakan B35 harus melakukan perawatan ekstra untuk memastikan tidak terjadinya dampak yang merugikan kendaraanya,

GM Business Strategy Isuzu Astra Attias Asril menyampaikan selama penggunaan B35 sudah mulai dilakukan maka perawatan harus dilakukan secara berkala, meski pemerintah sudah mengeluarkan pernyataan bahwa B35 tidak akan memberikan dampak pada performa kendaraan.

“Nanti selama penerapan B35 sudah mulai dilakukan, perawatan serta pengecekan secara berkala terhadap mesin harus lebih sering dilakukan, agar bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Attias saat kepada Bisnis, Rabu (2/1/2023).

Lebih lanjut, Attias memberikan tips untuk pengguna B35 agar lebih leluasa saat menggunakan kendaraannya, mulai dari mempercepat pergantian filter hingga pemanasan mesin sebelum digunakan.

“Beberapa preventive maintenance yang dapat dilakukan customer jika sudah mulai menggunakan B35 yaitu mempercepat penggantian filter, rutin melakukan pengecekan dan pengurasan tangki bahan bakar, rutin melakukan pembuangan atau drain filter, dan melakukan pemanasan engine selama 15 menit,” jelasnya.

Sementara itu, pabrikan otomotif asal Jepang itu masih melakukan penelitian terhadap dampak B35 jika digunakan pada mesin Euro4, untuk memastikan tidak akan ada masalah yang berarti ke depannya. “Kami akan terus melakukan research untuk mengetahui potensi [B35] yang dapat timbul kedepannya,”ungkap Attias.

Isuzu juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengikuti dan mendukung regulasi yang dikeluarkan pemerintah selagi dapat memberikan dampak yang positif untuk segala sektor.

“Kami yang pastinya akan terus mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jika memang itu mempunyai dampak yang positif untuk segala sektor, pasti kami akan mendukung,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler