Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Waktu Ideal untuk Mengganti Busi Motor

Busi merupakan salah satu komponen sepeda motor yang memiliki peran penting untuk memicu terjadinya proses pembakaran di ruang mesin.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  11:09 WIB
Busi Suzuki. Busi standar masih bisa bertahan lebih dari 8.000 km bahkan hingga 20.000 km.  - Suzuki
Busi Suzuki. Busi standar masih bisa bertahan lebih dari 8.000 km bahkan hingga 20.000 km. - Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA – Busi merupakan salah satu komponen sepeda motor yang memiliki peran penting untuk memicu terjadinya proses pembakaran di ruang mesin. Oleh karena itu, guna menjaga performa mesin tetap andal, busi motor perlu diganti dalam jangka waktu pemakaian tertentu.

Menurut laman resmi Suzuki, waktu ideal untuk mengecek busi adalah tiap 4.000 kilometer. Saat melakukan pengecekan, ada dua yang harus diperhatikan, yakni membersihkan busi dari kotoran dan juga mengecek jarak elektroda sesuai dengan spesifikasi motor.

“Ciri ciri busi yang sudah hampir mati yaitu motor mulai susah distarter atau waktu starternya lebih panjang dari biasanya, selain itu suara motor sudah tidak mulus lagi,” tulis keterangan resmi Suzuki, dikutip pada Senin (18/1/2021).

Sementara dari bentuk fisiknya, busi sudah terlihat hitam bercampur kotoran dan jarak penutup ke inti elektroda sudah mulai melebar dari ukuran standar. Jika sudah seperti ini, busi yang tidak segera diganti akan merusak bagian motor lain.

Di sisi lain, busi standar masih bisa berfungsi dengan baik lebih dari 8.000 km. Namun, semua itu tergantung dari situasi kondisi.

Busi yang mudah kotor acapkali disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena bahan bakar atau BBM yang terlalu boros, sehingga peluang busi cepat mati sangatlah besar.

Namun, jika baik-baik saja, masih sanggup melebihi 8 ribu kilometer. Dengan kata lain, busi standar masih bisa bertahan lebih dari 8.000 km bahkan hingga 20.000 km.

Sementara itu, pabrikan busi seperti NGK menyarankan untuk tiap dua kali penggantian oli, dibarengi dengan mengganti busi. Jaraknya, bisa setiap 6.000 km karena umumnya mengganti oli motor setiap 3.000 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

NGK Busi Indonesia Tip Merawat Sepeda Motor
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top