Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Lupa Mencuci Sepeda Motor Setelah Dikendarai Sehabis Hujan

Ada sejumlah masalah apabila sepeda motor tidak segera dibersihkan setelah kena hujan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  13:08 WIB
Pengendara kendaraan pribadi saat jam pulang kerja memadati jalanan di Jakarta, Rabu (6/5). - BISNIS.COM
Pengendara kendaraan pribadi saat jam pulang kerja memadati jalanan di Jakarta, Rabu (6/5). - BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA — Saat musim hujan, kegiatan bersih-bersih sepeda motor mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya atau bahkan Anda enggan melakukannya karena dianggap sia-sia.

Namun, sepeda motor yang tidak dicuci setelah terkena hujan berpotensi merusak komponen secara perlahan. Oleh karena itu, seperti yang ditulis di laman resmi Suzuki, ada sejumlah masalah apabila sepeda motor tidak segera dibersihkan setelah kena hujan.

  1. Mesin bisa menjadi overheat

Hal yang pertama yang akan dirasakan karena tidak mencuci motor saat musim hujan adalah mesin menjadi overheat karena bekas air hujan yang mengendap telah menjadi kotoran dan bersarang di radiator.

  1. Rusaknya suspensi

Selain mesin, suspensi juga menjadi komponen yang dapat rusak jika kotoran dari air hujan dibiarkan. Kotoran dapat menyebabkan suspensi berdecit sehingga akan cukup mengganggu dan fungsinya menjadi berkurang serta tidak empuk.

  1. Rantai akan berkarat

Tidak menutup kemungkinan rantai akan terimbas karena langsung terkena langsung oleh air serta kotoran dari jalan yang tergenang air. Apabila dibiarkan rantai berpotensi mengalami karat. Selain itu, rantai berpotensi mengeluarkan bunyi yang membuat tidak nyaman dan rantai juga bisa patah atau putus karena tidak cukup pelumas serta kering berkarat.

  1. Komponen berbahan logam

Selain rantai, komponen berbahan logam, seperti pelek, kick starter, dan standar juga berpotensi mengalami karat jika tidak dibersihkan. Alhasil, fungsi dari komponen-komponen itu akan terganggu.

  1. Bodi menjadi kusam

Kotoran yang menempel di bodi bisa menyebabkan kerak yang nantinya akan sulit dibersihkan. Terlebih lagi akan menimbulkan water spot atau bercak yang membuat motor terlihat tidak terawat.

Pada musim hujan, ada baiknya merawat motor kesayangan Anda dengan mencucinya secara berkala agar tidak terjadi kerusakan. Dengan hal itu, kita dapat memperpanjang umur komponen dan motor secara keseluruhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top