Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daimler dan Waymo Siap Hadirkan Truk Paling Otonom

Daimler Trucks dan Waymo berkolaborasi untuk menghadirkan truk otonom yang mengusul teknologi SAE L4. Kedua perusahaan akan mengawinkan teknologi pengemudi otomatis Waymo dengan truk Freightliner Cascadia dari Daimler.
Freightliner Cascadia baru diluncurkan di CES 2019 merupakan truk otomotis level 2. /DAIMLER
Freightliner Cascadia baru diluncurkan di CES 2019 merupakan truk otomotis level 2. /DAIMLER

Bisnis.com, JAKARTA - Daimler Trucks dan Waymo berkolaborasi untuk menghadirkan truk otonom yang mengusul teknologi SAE L4. Kedua perusahaan akan mengawinkan teknologi pengemudi otomatis Waymo dengan truk Freightliner Cascadia dari Daimler.

Waymo dinilai berpengalaman lebih dari 1 dekade dalam membangun pengemudi paling berpengalaman dengan berkendara lebih dari 20 juta mil di jalan umum melintasi 25 kota di AS dan 15 miliar mil dalam simulasi.

Daimler Trucks Amerika Utara, anak perusahaan Daimler Trucks di AS, perusahaan induk merek Freightliner dan pemimpin pasar AS dalam pembuatan kendaraan komersial, memberikan pengalaman mereka dalam mengembangkan truk kelas 8 canggih.

Truk Waymo-Daimler memiliki tujuan meningkatkan keselamatan jalan raya dan efisiensi bagi pelanggan armada. Truk Freightliner Cascadia otonom, dilengkapi dengan Waymo Driver, akan tersedia untuk pelanggan di AS dalam beberapa tahun mendatang.

Martin Daum, Ketua Dewan Manajemen Daimler Truck AG dan Anggota Dewan Manajemen Daimler AG, mengatakan Daimler Trucks adalah pelopor truk otomatis. Dalam beberapa tahun terakhir, Daimler telah mencapai kemajuan signifikan pada peta jalan global untuk menghadirkan truk yang sangat otomatis yang diproduksi secara seri ke jalan.

"Kemitraan strategis dengan Waymo, kami mengambil langkah penting lainnya menuju tujuan tersebut. Kemitraan ini melengkapi pendekatan strategi ganda Daimler Trucks, yaitu bekerja dengan dua mitra kuat untuk memberikan solusi L4 otonom yang terintegrasi mulus dengan truk terbaik di kelasnya, kepada pelanggan kami,” katanya, seperri dikutip dalam keterangan pers, Rabu (28/10/2020)

Roger Nielsen, Anggota Dewan Manajemen Daimler Truck AG, Presiden dan CEO Daimler Trucks North America LLC, mengatakan kombinasi dari peningkatan volume angkutan jalan dan kebutuhan serta visi operator armada untuk truk yang sangat otomatis, adalah bahan bakar untuk mengejar inovasi.

"Kami mendorong solusi teknik yang berusaha di atas segalanya untuk meningkatkan keselamatan dan membantu pelanggan kami meningkatkan efisiensi bisnis. Berdasarkan kolaborasi kami dengan Waymo, kami akan berada dalam posisi unik untuk dapat menyediakan pilihan solusi terbaik bagi kebutuhan individu mereka kepada pelanggan armada kami. ”

John Krafcik, CEO Waymo, mengaku sangat menghormati keterampilan teknik Daimler dan portofolio produk truk global yang luas, sehingga berharap dapat meningkatkan Waymo Driver, bersama dengan mitra barunya.

"Untuk meningkatkan keselamatan jalan raya dan efisiensi logistik di jalan raya dunia.”

Waymo adalah perusahaan teknologi penggerak otonom dengan misi untuk membuatnya aman dan mudah bagi orang dan segala sesuatu untuk mencapai tujuan mereka. Hingga saat ini, Waymo telah mengemudi lebih dari 20 juta mil secara otonom di jalan umum melintasi 25 kota di AS dan menempuh lebih dari 15 miliar mil dalam simulasi.

Adapun Daimler Truk & Bus adalah salah satu produsen kendaraan komersial terbesar di dunia, dengan lebih dari 35 lokasi utama di seluruh dunia dan sekitar 100.000 karyawan. Perusahaan ini membawa tujuh merek kendaraan di bawah satu atap: Mercedes-Benz, Setra, Freightliner, Western Star, Thomas Bus, BharatBenz, dan FUSO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper