Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasikan 500 Juta Euro, Daimler Rancang Truk Otomatis Level 4

Daimler Trucks siap menginvestasikan 500 juta EUR (US$570 juta) selama beberapa tahun ke depan untuk pengembangan truk sangat otomatis (SAE level 4) ke jalan dalam 1 dekade.
Freightliner Cascadia baru diluncurkan di CES 2019 merupakan truk otomotis level 2. /DAIMLER
Freightliner Cascadia baru diluncurkan di CES 2019 merupakan truk otomotis level 2. /DAIMLER

Bisnis.com, LAS VEGAS - Daimler Trucks siap menginvestasikan 500 juta EUR (US$570 juta) selama beberapa tahun ke depan untuk pengembangan truk sangat otomatis (SAE level 4) ke jalan dalam 1 dekade.

Rencana investasi tersebut diumumkan Daimler Trucks di ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Senin (7/1/2019).

Pengemudian yang sangat otomatis itu dikategorikan sebagai perjalanan otomatis di area yang ditentukan, dan di antara hub yang ditentukan yang mana tidak ada lagi intervensi pengguna.

Dalam truk komersial, level 4 adalah langkah alami berikutnya setelah level 2, meningkatkan efisiensi, dan produktivitas bagi pelanggan, memangkas biaya per mil secara signifikan.

Dengan melakukan hal itu, Daimler Trucks melewatkan langkah menengah dari pengemudian otomatis bersyarat (level 3). Tingkat 3 mengemudi otomatis tidak menawarkan pelanggan truk keuntungan yang substansial dibandingkan dengan situasi saat ini karena tidak ada manfaat yang sesuai untuk mengimbangi biaya teknologi.

Freightliner Cascadia baru menawarkan fitur mengemudi sebagian otomatis (level 2), menjadikannya truk produksi seri otomatis parsial pertama di jalan Amerika Utara. Ini juga membuat penayangan perdana dunianya selama presentasi Daimler Trucks di CES, Senin (7/1/2019).

Daimler Trucks telah menjadi pelopor pengembangan truk otomatis selama bertahun-tahun. Pada 2014, pabrikan truk terkemuka dunia menghadirkan Mercedes-Benz Future Truck 2025, truk otomatis pertama di dunia, dan merupakan yang pertama yang menunjukkan peluang teknologi dan potensi besar yang dimiliki truk otomatis untuk ekonomi dan masyarakat.

Martin Daum, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG dengan tanggung jawab untuk Truk & Bus Daimler, mengatakan “Sebagai pemimpin industri, kami telah memelopori pengangkutan truk otomatis."

Pada 2015, Freightliner Inspiration Truck mendapat lisensi jalan pertama untuk kendaraan komersial otomatis. Sekarang Daimler meningkatkan truk otomatis ke tingkat berikutnya. Setelah meluncurkan Freightliner Cascadia baru sebagian kendaraan otomatis 2019, Daimler akan membangun truk yang sangat otomatis.

Truk sangat otomatis akan meningkatkan keselamatan, meningkatkan kinerja logistik, dan menawarkan proposisi nilai yang besar bagi pelanggan kami - dan dengan demikian berkontribusi besar terhadap masa depan transportasi yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper