Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gandeng Volvo Car, Waymo Optimistis Mobil Otonom Kian Mendunia

Waymo dan Volvo Car Group mengumumkan kemitraan strategisnya untuk pengembangan teknologi mobil sepenuhnya otonom. Sebelumnya, Waymo juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah merek otomotif global lainnya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 28 Juni 2020  |  20:30 WIB
Waymo, Volvo Car.
Waymo, Volvo Car.

Bisnis.com, JAKARTA - Waymo dan Volvo Car Group mengumumkan kemitraan strategisnya untuk pengembangan teknologi mobil sepenuhnya otonom. Sebelumnya, Waymo juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah merek otomotif global lainnya.

Waymo sekarang adalah mitra L4 global eksklusif untuk Volvo Car Group, pemimpin global dalam keamanan otomotif, termasuk afiliasi strategisnya Polestar dan Lynk & Co. International.

L4 merujuk pada teknologi berkendara otonom level 4 berdasarkan definisi SAE International.

"Melalui kemitraan strategis kami, pertama-tama kami akan bekerja sama untuk mengintegrasikan Driver Waymo ke dalam platform kendaraan listrik yang berfokus pada mobilitas semua-baru untuk layanan berbagi kendaraan," kata Adam Frost, Chief Automotive Officer, Waymo, dalam keterangan pers yang dikutip Minggu (28/6/2020).

Menurutnya, kemitraan kunci dengan Volvo Car Group ini membantu membuka jalan menuju penyebaran Driver Waymo secara global di tahun-tahun mendatang, dan merupakan tonggak penting dalam industri kendaraan otonom yang sangat kompetitif.

"Volvo Car Group berbagi visi kami untuk menciptakan masa depan yang otonom di mana jalan lebih aman, dan transportasi lebih mudah diakses dan lebih hijau. Kami sangat senang menyambut Volvo Car Group sebagai mitra otomotif terbaru kami."

Henrik Green, Chief Technology Officer, Volvo Car Group, mengatakan kendaraan sepenuhnya otonom memiliki potensi untuk meningkatkan keselamatan jalan ke tingkat yang sebelumnya tidak terlihat dan untuk merevolusi cara orang hidup, bekerja dan bepergian.

"Kemitraan global kami dengan Waymo membuka peluang bisnis baru dan menarik bagi Volvo Cars, Polestar, dan Lynk & Co."

Selain kemitraan otomotif terbaru ini, Waymo terus mendapatkan manfaat dari kemitraan yang kuat dengan Fiat Chrysler Automobiles (FCA), Jaguar Land Rover (JLR), dan Renault Nissan Mitsubishi (Aliansi) yang memungkinkan untuk memajukan penyebaran Driver Waymo di seluruh berbagai platform kendaraan.

Waymo berfokus pada perancangan khusus perangkat keras, perangkat lunak, dan komputasi.

Selanjutnya, Waymo bekerja sama dengan pembuat mobil, meningkatkan keahlian mereka dalam desain, teknik, dan manufaktur otomotif, untuk membantu menciptakan kendaraan yang mudah diintegrasikan dengan Driver Waymo, menjadikannya sangat cocok untuk naik kendaraan, pengiriman lokal, truk, dan kepemilikan mobil pribadi.

"Itulah sebabnya kami senang berbagi hari ini kemitraan otomotif terbaru kami."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Volvo Cars Mobil Swakemudi Waymo
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top