Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volvo Cars Luncurkan Portal Inovasi, Ada Emulator!

Volvo Cars meluncurkan Portal Inovasi untuk memberi tawaran besar aplikasi berkualitas tinggi. Portal ini menyediakan beragam sumber daya dan alat secara gratis, yang memungkinkan pengembang eksternal membuat layanan inovatif dan aplikasi dalam mobil.
Template Volvo XC40 Recharge 3D Unity : Kolase. /Volvo Cars
Template Volvo XC40 Recharge 3D Unity : Kolase. /Volvo Cars

Bisnis.com, JAKARTA - Volvo Cars meluncurkan Portal Inovasi untuk memberi tawaran besar aplikasi berkualitas tinggi, kepemilikan lebih mudah dan nyaman, dan bahkan mobil yang lebih aman.

Portal ini menyediakan beragam sumber daya dan alat secara gratis, memungkinkan pengembang eksternal membuat layanan inovatif baru dan aplikasi dalam mobil.

Dengan bantuan pengembangan perangkat lunak dan layanan yang lebih luas untuk produk-produknya, Volvo Cars bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan pelanggannya membuat mobil Volvo mereka lebih personal.

Sumber daya portal tidak hanya berguna untuk pengembang, tetapi juga untuk peneliti, pengotak-atik rumah pintar, dan seniman yang paham komputer. Dengan menyediakannya, Volvo Cars melanjutkan tradisi panjangnya dalam berbagi pengetahuan dan penelitian untuk berkontribusi pada jalan yang lebih aman bagi semua.

“Mobil kami menjadi semakin pintar dan lebih terhubung, dan dengan itu muncul permintaan yang meningkat akan aplikasi dan layanan di antara pelanggan kami,” kata Henrik Green, Kepala Bagian Teknologi di Volvo Cars, Jumat (29/1/2021).

Dengan membuat sumber daya ini tersedia untuk umum, Volvo Cars mendukung pengembang di dalam dan di luar perusahaan, dan berkolaborasi dengan yang terbaik dari yang terbaik di bidangnya.

Sumber daya yang tersedia di Portal Inovasi mencakup apa yang disebut emulator yang membuat ulang Sistem Operasi Otomotif Android dan aplikasi Google yang digunakan di Volvo baru, memberikan pengalaman sistem di dalam mobil yang akurat kepada pengembang di komputer mereka.

Emulator ini adalah alat yang berguna dalam mendukung pengembang aplikasi untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan menerbitkan aplikasi langsung di Google Play di dalam mobil.

Volvo Cars Luncurkan Portal Inovasi, Ada Emulator!

Platform ini juga akan menampilkan Extended Vehicle API, yang menandai pertama kalinya Volvo Cars menawarkan API kepada publik.

Dengan persetujuan pelanggan, API memungkinkan pengembang dan pihak ketiga lainnya untuk mengakses data dasbor mobil, seperti tingkat pengisian / bahan bakar dan jarak yang ditempuh, dan menggunakannya untuk membangun dan menyediakan layanan baru. Data tambahan dan sumber data akan tersedia dari waktu ke waktu.

Sumber daya lainnya termasuk set data LiDAR dan model mobil 3D produksi yang dapat diunduh dari Volvo XC40 Recharge yang sepenuhnya elektrik.

Set data LiDAR dirilis bersama dengan Luminar, pemimpin global dalam teknologi perangkat keras dan perangkat lunak LiDAR otomotif, dan Universitas Duke. Ini telah dibuat menggunakan sensor LiDAR kinerja tinggi Luminar, yang mendeteksi objek di sekitar mobil hingga 250 meter dengan memindai lingkungan dengan pulsa lampu laser.

Kumpulan data ini dapat membantu para peneliti untuk meningkatkan algoritme yang terkait dengan deteksi LiDAR jarak jauh, elemen penting untuk membuat mobil otonom yang aman pada kecepatan tinggi dan di lingkungan lalu lintas yang kompleks.

Model mobil 3D dengan ketelitian tinggi dikembangkan bekerja sama dengan Unity, perusahaan di balik platform terkemuka dunia untuk membuat dan mengoperasikan konten 3D waktu nyata. Unity digunakan oleh pencipta mulai dari pengembang game hingga artis, arsitek, pembuat film, dan desainer otomotif.

Model mobil dan lingkungan 3D yang menyertainya cocok untuk digunakan dalam aplikasi visualisasi, realitas virtual, pengalaman sinematik, dan konfigurasi mobil. Sumber daya ini juga tersedia sebagai alat dasar di hub pengembang Unity, tempat jutaan pengguna Unity mendapatkan akses ke tutorial tentang cara menggunakan template.

Portal Inovasi akan terus berkembang dengan semakin banyak sumber daya yang ditambahkan dari waktu ke waktu. Dalam beberapa bulan ke depan, model mobil 3D yang berfungsi penuh akan dirilis.

Ini akan menampilkan replikasi digital dari sensor fisik mobil, memungkinkan pengguna untuk menguji data sensor untuk tujuan penelitian dan pendidikan. Pengembang juga akan dapat menggunakan model tersebut untuk membangun fungsi dan layanan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper