Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Berumur Setengah Abad, Ini Kisah Tim Riset Kecelakaan Volvo Cars

Di Volvo Cars, mereka dikenal sebagai detektif internal perusahaan. Namun mereka juga bisa disebut sebagai tim CSI yang berperan penting dalam peningkatan kualitas mobil pabrikan Swedia itu.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 01 November 2020  |  20:15 WIB
Berumur Setengah Abad, Ini Kisah Tim Riset Kecelakaan Volvo Cars
Tim ini telah beroperasi sejak 1970. Setiap kali kecelakaan yang melibatkan Volvo di sekitar Gothenburg, Swedia, baik siang maupun malam, mereka segera tiba di lokasi saat diberi tahu. - Volvo Cars
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di Volvo Cars, mereka dikenal sebagai detektif internal perusahaan. Namun mereka juga bisa disebut sebagai tim CSI yang berperan penting dalam peningkatan kualitas mobil pabrikan Swedia itu.

Penyelidik lokasi kecelakaan dari Tim Riset Kecelakaan Mobil Volvo, yang merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun ini, siap sepanjang waktu untuk memastikan bahwa Volvo Cars belajar dari kecelakaan di kehidupan nyata dan terus meningkatkan kualitas mobilnya.

“Kerja keras dan penelitian Tim Riset Kecelakaan memungkinkan Volvo Cars memastikan bahwa kecelakaan lalu lintas yang tragis dapat menghasilkan sesuatu yang baik : mobil yang lebih aman,” kata Malin Ekholm, kepala Pusat Keamanan Mobil Volvo, Jumat (30/10/2020).

Dengan menganalisis secara cermat apa yang telah terjadi selama setiap fase kecelakaan, tim memberikan informasi penting tentang apa yang dapat ditingkatkan pada mobil Volvo.

Tim ini telah beroperasi sejak 1970. Setiap kali kecelakaan yang melibatkan Volvo di sekitar Gothenburg, Swedia, baik siang maupun malam, mereka segera tiba di lokasi saat diberi tahu. Saat mereka tiba, mereka memulai penyelidikan dan mendokumentasikan urutan kejadian sedetail mungkin.

Mereka mengajukan pertanyaan. Seberapa kuat dampaknya? Seberapa cepat sistem keselamatan aktif mengintervensi? Bagaimana dengan penumpang? Pertanyaan lain : Bagaimana cuaca saat ini? Jam berapa? Bagaimana kondisi marka jalan?

Pekerjaan berlanjut di kantor. Tim meminta laporan polisi yang dapat diakses publik, menghubungi pengemudi dan memeriksa mobil jika memungkinkan. Tim juga mencoba memahami bagaimana pengemudi mengalami kecelakaan itu, sebuah proses yang melibatkan ilmuwan perilaku Pusat Keamanan Mobil Volvo.

Terakhir, tim akan meminta orang-orang yang terlibat dalam kecelakaan tersebut untuk membagikan catatan medis mereka, yang memungkinkan mereka untuk mencatat setiap cedera yang diderita. Ini dianalisis oleh para ahli biomekanik, bekerja sama dengan fisikawan, untuk memahami penyebab pasti dari cedera tersebut.

Semua data dan pengetahuan yang dikumpulkan diberi kode dan tidak dipersonalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini dibagikan dengan tim pengembangan produk Volvo, yang menggunakannya untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi baru pada mobil yang akan datang. Tim juga mengidentifikasi hal-hal yang tidak dapat diselesaikan saat ini - memungkinkan Volvo Cars tetap menjadi yang terdepan dalam pengembangan keselamatan.

Setiap tahun, tim menyelidiki sekitar 30-50 kecelakaan secara langsung, tetapi kecelakaan terjadi di seluruh dunia dan tempat kejadian bisa sulit dicapai tepat waktu. Dalam kasus tersebut dan sejauh mungkin, para detektif bekerja untuk memetakan kecelakaan dengan dukungan dari personel Volvo dan layanan darurat yang lebih dekat ke lokasi.

Selain itu, tim juga menggunakan sumber informasi lain seperti database kecelakaan publik yang ditemukan secara global untuk memastikan bahwa langkah-langkah yang diperlukan telah diambil.

“Tim Riset Kecelakaan bukanlah satu-satunya sumber data penelitian bagi para ahli keselamatan kami, tetapi itu memainkan peran penting bagi kami untuk benar-benar memahami detailnya,” tambah Malin Ekholm. "Kecelakaan masih terjadi, tapi sekarang konsekuensinya jauh lebih ringan dan cedera serius jauh lebih jarang daripada sebelumnya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Fitur Keselamatan Uji Tabrak
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top