Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imbas Skandal Manipulasi Data, Izin Produksi Daihatsu Gran Max Dicabut

Pemerintah Jepang mencabut izin produksi bagi tiga model keluaran Daihatsu, yakni Gran Max, Toyota Town Ace, dan Mazda Bongo.
Daihatsu Gran Max yang dipasarkan di Jepang/Daihatsu Motor
Daihatsu Gran Max yang dipasarkan di Jepang/Daihatsu Motor

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) tengah memproses pencabutan izin atau Vehicles Type Approval (VTA) bagi tiga model keluaran Daihatsu Motor Co, Ltd.

Sebagaimana dari siaran pers Daihatsu, dikutip pada Selasa (16/1/2023), langkah itu menyusul pelaporan dari investigasi terkait penyimpangan prosedur sertifikasi yang dilakukan Pihak Ketiga. Daihatsu telah memasukan laporan tersebut kepada MLIT.

Pascapelaporan, MLIT pun melakukan penyelidikan langsung. Sebagai hasil dari investigasi lapangan yang dilakukan, MLIT mencabut VTA untuk produksi tiga model meliputi Daihatsu Gran Max, Toyota Town Ace, dan Mazda Bongo yang dijual di Jepang.

Otoritas menganggap penyimpangan prosedur proses sertifikasi ketiganya sangat serius. Selain itu, MLIT mengkonfirmasi adanya contoh baru penyimpangan prosedur.

Lebih lanjut, Daihatsu hari ini menerima perintah perbaikan yang mendesak untuk melakukan reformasi mendasar terhadap struktur perusahaan. Hal itu dikarenakan penyimpangan prosedur mengarah pada pelanggaran peraturan perundang-undangan.

“Kami telah mengkhianati kepercayaan seluruh pemangku kepentingan kami termasuk pelanggan, dan kami sekali lagi menyampaikan permintaan maaf yang tulus atas ketidaknyamanan besar yang kami timbulkan,” tulis Manajemen Daihatsu Motor.

Selanjutnya, Daihatsu berjanji melakukan peninjauan menyeluruh terhadap prosedur sertifikasi, serta menerapkan reformasi dari perspektif manajemen, lingkungan dan budaya tempat kerja. “Kami akan berupaya mewujudkan revitalisasi perusahaan dengan dukungan komprehensif dari Toyota Motor Corporation,” tulis manajemen.

Selain itu, MLIT memerintahkan Daihatsu untuk segera menyampaikan pemberitahuan jika diperlukan untuk melakukan penarikan kembali terhadap Daihatsu Cast dan Toyota Pixis Joy. Dua model tersebut juga memiliki kemungkinan ketidakpatuhan prosedur selama proses sertifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper