Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Percepat Swakemudi, Setir Tesla Model S dan X Dibuat Mirip F1

Tesla menghadirkan desain kemudi layaknya Formula 1 pada Model S dan Model X, yang bertujuan mempercepat sistem full self-driving atau swakemudi.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  18:40 WIB
Setir Tesla Model S dan Model X berdesain mirip kemudi Formula 1.  - Teslarati
Setir Tesla Model S dan Model X berdesain mirip kemudi Formula 1. - Teslarati

Bisnis.com, JAKARTA – Tesla menghadirkan desain kemudi layaknya Formula 1 pada Model S dan Model X, yang bertujuan mempercepat sistem full self-driving atau swakemudi.

Namun, kehadiran setir itu menuai perdebatan. Mengutip laporan Road & Track yang dirilis National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) belum bisa memberikan keterangan apakah setir itu memenuhi standar peraturan.

Setir Model S dan Model X hadir lebih futuristis karena bentuknya berbeda dari setir pada umumnya, yang berbentuk lingkaran atau semi-lingkaran. Setir itu memiliki tombol di sisi kiri dan kanan, serta pengoperasiannya menggunakan sentuhan jari.

Kemungkinan besar pengemudi akan lebih sulit untuk mengoperasikan setir ini. Saat parkir, misalnya, pengemudi akan merasa kesulitan untuk memutar setir layaknya setir normal berbentuk lingkaran.

Dikutip dari laman Teslarati, kehadiran setir itu bertujuan membuat lompatan besar dalam mewujudkan sistem mengemudi sendiri. Ini menjadi langkah awal agar pengguna mulai terbiasa dengan sistem kemudi yang semakin minimalis.

Selama beberapa bulan terakhir, Tesla benar-benar membuat langkah serius dalam mengejar full self-driving (FSD) atau sistem otonom ke dalam produknya.

Mobil otonom adalah sebuah kendaraan yang dapat menjelajahi lingkungannya dan bergerak tanpa penggerakan dari manusia. Mobil ini menggunakan berbagai fitur, seperti radar, sinar laser, GPS, odometri dan penglihatan komputer untuk mendeteksi hal-hal di sekitarnya.

Sistem FSD Beta dirilis pada akhir Oktober 2020. Sistem ini belum mencapai kemampuan Level 5, yakni puncak dari sistem otomasi mobil. Di titik itu, kebutuhan akan kendali manusia dihilangkan.

FSD Beta adalah versi pertama dari kemampuan mengemudi sendiri yang telah lama dijanjikan Tesla. Dalam pengembangannya, perusahaan mengumpulkan data dari pengemudi yang telah mencoba FSD untuk membuat sistem lebih kuat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

setir Tesla Motors Mobil Swakemudi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top