Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jarang Diketahui, Berikut 3 Fungsi Gril Mobil

Gril mobil tidak hanya menjadi ornamen untuk mempercantik eksterior, tetapi juga memiliki sejumlah fungsi yang membantu kinerja kendaraan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  11:49 WIB
Toyota Rush. Gril mobil juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal.  - Toyota
Toyota Rush. Gril mobil juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Gril mobil tidak hanya menjadi ornamen untuk mempercantik eksterior, tetapi juga memiliki sejumlah fungsi yang membantu kinerja kendaraan.

Gril terletak di bagian depan mobil dan biasanya dibarengi dengan penyematan logo merek. Menurut Auto2000, terdapat sejumlah fungsi penting dari gril.

1. Saluran Udara

Fungsi pertama gril adalah menjadi saluran udara ke mesin mobil. Udara yang masuk melalui lubang pada gril akan menjaga temperatur mesin agar tidak overheat atau kepanasan.

Setiap mobil sudah memiliki radiator yang sistem kerjanya terbantu dengan gril. Kisi-kisi yang selalu menjadi bagian dari desain gril, diciptakan agar udara bisa masuk dengan mudah.

Secara garis besar, saluran udara yang diberikan oleh gril membuat sistem kerja mesin tetap maksimal sepanjang digunakan.

2. Estetika Mobil Lebih Baik

Desain mobil sepanjang sejarah dunia otomotif selalu berkembang. Hal ini juga membuat desain gril mobil menjadi berbeda-beda. Ada yang klasik dan timeless, ada pula yang berbentuk futuristis.

Setiap pabrikan mobil mencoba memberikan desain gril yang berbeda agar terlihat ikonik. Tak lagi berbentuk vertikal, gril saat ini mengarah horizontal dan ada pula yang berdesain honeycomb.

Untuk itu, gril tidak hanya untuk menjaga kinerja mesin tetap prima, tetapi membuat estetika mobil menjadi lebih baik lagi.

3. Memberikan Aerodinamika dan Performa

Gril mobil juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal. Pada dasarnya, mobil harus memiliki desain aerodinamika yang baik agar memiliki performa konsisten.

Saat ini, gril mobil minim lubang untuk memberikan saluran udara ke bagian mesin. Hal ini bertujuan agar udara yang menabrak bagian depan mobil bisa mengalir ke sisi samping atau atas, sehingga tidak terlalu banyak udara yang masuk ke dalam lubang.

Alasan utamanya adalah semakin banyak udara yang masuk, maka semakin besar pula hambatan mobil. Inilah yang akhirnya membuat sisi aerodinamika mobil menjadi lebih buruk.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Desain Mobil Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top