Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Terpopuler Otomotif, Produsen Mobil Listrik Rivian Raup Pendanaan US$2,2 Miliar dan Hyundai Amankan Stok Baterai hingga 5 Tahun ke Depan

Startup produsen mobil listrik Rivian yang meraup pendanaan US$2,2 miliar menjadi berita terpopuler di kanal Otomotif Bisnis.com pada Jumat (27/12/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 27 Desember 2019  |  18:50 WIB
5 Terpopuler Otomotif, Produsen Mobil Listrik Rivian Raup Pendanaan US$2,2 Miliar dan Hyundai Amankan Stok Baterai hingga 5 Tahun ke Depan
Rivian R1T. - Rivian Official
Bagikan

1. Produsen Mobil Listrik Rivian Raup Pendanaan US$2,2 Miliar

Perusahaan rintisan produsen mobil listrik Rivian menutup putaran investasi senilai US$1,3 miliar yang dipimpin oleh T. Rowe Price dan sejumlah investor lainnya seperti Amazon.com dan Ford Motor Co.

Investment round yang juga diikuti oleh BlackRock Inc adalah putaran keempat yang dilaksakan oleh Rivian pada tahun ini. Investasi ini menjadi modal besar Rivian untuk bersaing di industri mobil listrik yang saat ini masih dipimpin oleh Tesla sebagai produsen paling mapan.

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Bakal Hengkang, Penjualan Chevrolet Bekas Malah Naik

Meski Chevrolet sudah menyatakan akan berhenti berjualan di Indonesia pada Maret tahun depan, permintaan mobil bekas merek ini ternyata menunjukkan pertumbuhan positif khususnya di platform e-commerce, OLX.

“Di bulan Oktober, permintaan [calon pembeli] Chevrolet mencapai 29.182 unit sedangkan pada November, permintaan mencapai 30.883 unit. Dari segi harga rata-rata, walaupun tidak signifikan, juga mengalami peningkatan sebesar 1%, dari Rp105 juta menjadi Rp106 juta. Tentunya hal ini bervariasi bergantung pada tipe dan tahun produksi mobil,” kata Head of Automotive OLX Indonesia Ivo Wassenaar melaui siaran pers belum lama ini.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Pabrikan Inggris Segera Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia

Pasar otomotif nasional bakal kedatangan merek baru, Morris Garage (MG) pada tahun depan. Salah satu model kendaraan asal Inggris yang dimiliki perusahaan China itu kedapatan melintas di jalan Ibu Kota baru-baru ini.

"Betul [MG akan masuk Indoonesia]," kata Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kepada Bisnis belum lama ini.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Penjualan Mobil Seken Masih Seret

Penurunan penjualan mobil yang terjadi sepanjang 2019 turut memengaruhi pasar mobil seken. Menjelang akhir tahun, pedagang mobil bekas bahkan semakin terhimpit akibat strategi perang harga yang dilakukan pabrikan.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah PT Astra International Tbk., sepanjang Januari—November, penjualan mobil dari pabrik ke dealer mencapai 940.362 unit. Jumlah penjualan ini menurun 11,58% secara tahunan.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Hyundai Amankan Stok Baterai dari SK Innovation hingga 5 Tahun ke Depan

Hyundai Motor dan Kia Motor menjalin kerja sama dengan SK Innovation untuk penyediaan kebutuhan baterai untuk produksi mobil listrik dalam 4 tahun — 5 tahun ke depan.

Dikutip dari Reuters, Jumat (27/12/2019), informasi tersebut pertama kali dilaporkan oleh Maeil Business Newspaper pada pekan lalu. Dalam laporan itu disebutkan bahwa nilai perjanjian tersebut mencapai sekitar US$8,6 miliar.

Baca berita lengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil hyundai kia StartUp baterai
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top