SKODA AUTO Bangun Gudang Otomatis di Pabrik Mladá Boleslav

Skoda Auto melaju dengan penerapan teknologi yang sejalan dengan prinsip-prinsip Industry 4.0, yakni pembukaan besar-besaran gudang suku cadang otomatis di pabrik utama di Mladá Boleslav.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 18 November 2018  |  10:00 WIB
SKODA AUTO Bangun Gudang Otomatis di Pabrik Mladá Boleslav
Michael Oeljeklaus, KODA AUTO Board Member untuk Produksi dan Logistik, bersama dengan serikat pekerja Skoda. - Volkswagen

Bisnis.com, WOLFBURG - Skoda Auto melaju dengan penerapan teknologi yang sejalan dengan prinsip-prinsip Industry 4.0, yakni pembukaan besar-besaran gudang suku cadang otomatis di pabrik utama di Mladá Boleslav.

Tingkat otomatisasi yang tinggi memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi proses kerja di bagian kecil logistik pabrik. Salah satu contohnya adalah penggunaan robot yang menempatkan suku cadang kecil ke dalam penyimpanan dan mengangkutnya langsung dari gudang ke jalur perakitan.

Skoda Auto telah mengoperasikan gudang komponen kecil yang serupa di Kvasiny selama sekitar 1 tahun.

Michael Oeljeklaus, Skoda Auto Board Member untuk Produksi dan Logistik, mengatakan bahwa pada tahun ini perusahaan telah mampu meningkatkan proses logistik produksi secara signifikan di pabrik Kvasiny.

"Kami sekarang juga mengambil efisiensi proses di pabrik utama kami ke tingkat yang baru dengan gudang bagian kecil otomatis yang baru. Gudang di Mladá Boleslav jauh lebih besar dan secara optimal mempersiapkan pabrik untuk kebutuhan manufaktur mobil masa depan dengan teknologi canggih sesuai dengan prinsip-prinsip Industri 4.0.”

Michael Oeljeklaus secara resmi membuka gudang bagian kecil otomatis baru (ASPW) bersama dengan Jií Cee, Kepala Logistik Merek, dan perwakilan KOVO Union MB, Miloš Ková. Gudang telah beroperasi sejak Juli 2018. Skoda Auto telah menginvestasikan sekitar 8 juta euro dalam pembangunan gudang bagian-bagian kecil.

ASPW secara ketat menerapkan prinsip-prinsip Industry 4.0. Bagian-bagian kecil sekarang disimpan dan dikeluarkan dari rak masing-masing secara otomatis. Dari sana, mereka dikirim ke jalur perakitan hanya-di-urutan sesuai kebutuhan. Ini berarti bahwa mereka tiba tepat dalam urutan di mana mereka diminta dan dipasang.

Otomasi memungkinkan untuk meningkatkan ketepatan kerja, mempercepat proses logistik dan meminimalkan tingkat kesalahan. Robot mengambil beban dari karyawan dengan mengambil pekerjaan yang menuntut secara fisik. Ini membebaskan waktu karyawan untuk tugas-tugas seperti label pemindaian atau memindahkan pembawa beban kecil (SLC) di area barang yang masuk dan keluar.

Mencakup 2.000 m2, ASPW baru di Mladá Boleslav menawarkan banyak ruang untuk 71.000 pembawa beban kecil. Per jam, hingga 580 peti plastik kecil ini dapat disimpan di rak-rak yang tingginya 14 meter. Jumlah SLC yang sama dapat ditangani dalam pengambilan pesanan, yaitu barang keluar. Dua robot menyimpan bagian-bagian itu dan dua robot lainnya membawa mereka keluar dan mengantarkan mereka ke urutan produksi.

Pada Juli 2017, Skoda Auto membuka gudang bagian kecil yang serupa di pabrik Kvasiny, menawarkan ruang untuk 45.000 SLC. Pada bulan Juni 2018, Skoda Auto dianugerahi hadiah tenaga ahli di ELA European Logistics Awards untuk gudang Kvasiny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Skoda Auto

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top