Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nissan Turunkan Harga Datsun Cross, Ini Alasannya

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjual Datsun Cross dengan harga lebih rendah Rp1,51 juta dibandingkan dengan yang pernah diumumkan pada world premier atau peluncuran perdana di dunia di Jakarta pada 18 Januari 2018. Saat itu perusahaan mematok harga jual mobil pertama Datsun yang terkena PPnBM mulai Rp163 juta.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 08 Maret 2018  |  21:52 WIB
Model berpose dengan mobil terbaru Datsun Cross yang diluncurkan di Jakarta, Kamis (18/1). - JIBI/Dedi Gunawan
Model berpose dengan mobil terbaru Datsun Cross yang diluncurkan di Jakarta, Kamis (18/1). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, KARAWANG — PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjual Datsun Cross dengan harga lebih rendah Rp1,51 juta dibandingkan dengan yang pernah diumumkan pada world premier atau peluncuran perdana di dunia di Jakarta pada 18 Januari 2018. Saat itu perusahaan mematok harga jual mobil pertama Datsun yang terkena PPnBM mulai Rp163 juta. 

President Director NMI Eiichi Koito mengatakan perusahaan membanderol harga on the road (OTR) Datsun Cross di DKI Jakarta sebesar Rp161,49 juta untuk produk dengan transmisi manual. Sementara produk Datsun Cross dengan transmisi otomatis berteknologi X-Tronic CVT dibanderol Rp173,49 juta untuk wilayah yang sama. 

“Harga Datsun Cross OTR DKI Jakarta Rp161,49 juta untuk yang transmisi manual dan Rp173,99 juta untuk yang CVT AT,” kata Koito di Karawang pada Kamis (8/3/2018). 

Dia menjelaskan bahwa harga pertama yang diumumkan perusahaan hanya berupa kisaran. Sementara itu, harga yang diterapkan pada saat ini merupakan harga resmi. Dia membantah alasan perbedaan harga karena berkembang isu di publik bahwa harga pertama terlampau mahal. 

Sejak diluncurkan pada Januari 2018, dia mengklaim, pemesanan inden Datsun Cross sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Namun dia enggan menyebutkan angkanya.

Sementara itu perusahaan telah mengirim pasokan produk Datsun Cross ke diler sejak Rabu (7/3/2018). Koito pun enggan menyebutkan besaran jumlah produk yang dikirimkan. Orang nomor satu Nissan di Indonesia ini juga tidak mau menyebut angka produksi tahap pertama. Kebijakan perusahaan melarang Koito berbicara soal hal tersebut.

Adapun Datsun Cross mulai diproduksi pada 31 Januari 2018 di di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik dengan lahan seluas 35 hektare ini didukung oleh 2.400 karyawan. Kemudian, pabrik tersebut juga diklaim sudah menerapkan sistem produksi berstandar global, Nissan Production Way. Sistem ini memastikan proses manufaktur dan pengecekan kualitas akan menghasilkan produk berkualitas sesuai standar global Nissan.

Nissan mengklaim, produk teranyarnya tersebut menciptakan segmen baru di Indonesia. Datsun Cross memiliki fitur unggulan seperti X-Tronic CVT, dan fitur keselamatan canggih seperti VDC untuk semua kelas, yang terdiri dari anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD), traction control (TCS), brake-limited slip differential (B-LSD), 2 buah kantung udara depan, sistem pemberi peringatan sabuk pengaman, dan lampu depan otomatis. 

Koito menceritakan bahwa crossover pertama Datsun ini dikembangkan oleh tim dari berbagai negara, termasuk insinyur Indonesia dan Jepang. Mereka bekerja sama untuk mengembangkan Datsun Cross dengan mempertimbangkan situasi berkendara di Indonesia, seperti body cladding dan perlindungan di bagian bawah bodi untuk melindungi dari kemungkinan kerusakan akibat lumpur dan pecahan batu. Selain itu, Datsun Cross memiliki ground clearance setinggi 200 milimeter, dan pelek 15 inci.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

datsun City Car Datsun Cross
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top