Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Penjualan, Honda Ikut Main di Segmen menengah

Produsen kendaraan agresif meluncurkan produk terbaru seharga di bawah Rp200 juta untuk merebut pangsa pasarnya yang cukup menggiurkan mencapai 75% dengan masa penjualan yang relatif panjang.

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen kendaraan agresif meluncurkan produk terbaru seharga di bawah Rp200 juta untuk merebut pangsa pasarnya yang cukup menggiurkan mencapai 75% dengan masa penjualan yang relatif panjang.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda, mengatakan Honda yang selama ini menggarap pangsa kendaraan seharga di atas Rp200 juta mulai masuk ke segmen gemuk melalui produk terbarunya Brio dan Mobilio.

Brand Honda sudah kuat untuk kelas kendaraan harga di atas Rp200 juta, maka sekarang masuk ke segmen di bawahnya dengan tetap menjaga kualitas dan kelengkapan fitur standar Honda,” katanya, Minggu (10/2/2014). 

Menurutnya, persaingan pasar kendaraan baru seharga di bawah Rp200 juta akan terus berlangsung hingga batas yang sulit diprediksi untuk semua tipenya, terutama low multi purpose vehicle (MPV) dan citycar karena pangsanya yang besar.

Persaingan pasar tersebut dipicu oleh tingginya permintaan konsumen dan sekaligus menunjukkan kondisi yang cenderung terjadi di hampir semua negara berkembang dalam waktu yang cenderung berlangsung lama.

“Permintaan pasar yang cukup besar untuk kendaraan seharga Rp200 juta ke bawah itu terjadi hampir untuk semua tipe kendaraan dan di negara berkembang kecenderungannya akan berlangsung lebih lama,” ujarnya.

Dia menjelaskan persaingan industri otomotif untuk menggarap pasar yang gemuk, yang pangsa pasarnya mencapai sekitar 75% akan semakin ketat, baik melalui peluncuran produk baru maupun penyegaran tipe yang ada.

Tentu, lanjutnya, dengan adanya persaingan yang cukup ketat tersebut maka pihak konsumen lebih diuntungkan dengan semakin banyaknya pilihan kendaraan yang diinginkan sesuai spesifikasi dan keunggulan yang diharapkan.

Jonfis mengatakan jika selama ini Honda menggarap pangsa pasar yang relatif kecil, yakni sekitar 25% yang terdiri dari kendaraan seharga di atas Rp200 juta, maka kali ini masuk ke pasar gemuk dengan mengusung low MPV Honda Mobilio.

Sebelumnya, lanjutnya, Honda relatif sukses menjual Honda Brio yaitu kendaraan kompak hatchback sebagai keluarga besar kelompok kendaraan seharga di bawah Rp200 juta, terutama Brio Satya sebagai peserta low cost green car atau LCGC.

Adapun persaingan ketat antar kendaraan low MPV seharga maksimal Rp200 juta, terjadi pada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Nissan Grand Livina dan Honda Mobilio.

Masing-masing agen tunggal pemegang merek kendaraan tersebut, akan bersaing dengan mengklaim produknya paling berkualitas, fitur yang lengkap, hemat bahan bakar dan memberikan jaminan keamanan yang lebih baik bagi pengendaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper