Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Produsen Mobil Listrik asal China GWM Mulai Beroperasi, Bakal Produksi BEV?

Pabrik GWM telah resmi mulai beroperasi, perseroan memberi sinyal akan memproduksi BEV pada 2025.
Dealer GWM/www.gwmauto.co.id
Dealer GWM/www.gwmauto.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil listrik asal China, Great Wall Motor (GWM) dan Inchcape Automotive Indonesia telah meresmikan lini produksi di Inchcape Manufacturing Facility di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat pada bulan ini.

Entitas Grup PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) itu pun telah telah memproduksi lokal model SUV hybrid, yakni GWM Haval Jolion HEV.

“Betul, kami punya pabrik di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat dan sudah beroperasi mulai bulan ini,” ujar Sales & Network Director GWM Indonesia Lisa Wijaya kepada Bisnis, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (28/9/2024).

Kendati demikian, dia tidak menjelaskan secara gamblang model apa saja yang akan diproduksi selanjutnya di pabrik tersebut setelah Haval Jolion HEV. Yang jelas, Lisa hanya menyebutkan bahwa akan ada dua model hybrid lainnya yang akan menyusul diproduksi.

Sebagai informasi, GWM Indonesia memiliki berbagai lini model hybrid electric vehicle (HEV), di antaranya yakni GWM Tank 300 HEV, GWM Tank 500 HEV, Haval H6 HEV, dan Haval Jolion HEV.

Tak hanya kendaraan hibrida, GWM juga memberikan sinyal akan memproduksi mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) secara lokal di Indonesia.

“Saya belum bisa spill ya, tapi pastinya bakal ada 2 model lagi. Saat ini masih yang HEV, tapi kemungkinan besar nanti BEV juga menyusul,” jelasnya.

Adapun, produsen asal China itu telah memiliki satu model mobil listrik murni, yakni Ora 03 BEV. Kendati demikian, model tersebut belum dipasarkan di Indonesia saat ini, sebab perseroan berencana memboyongnya pada 2025 mendatang.

"[Ora 03 BEV] pastinya ada di tahun depan, tapi kapan spesifiknya saya belum bisa ungkapkan,” pungkas Lisa.

Sebelumnya, pabrik GWM di Wanaherang, Jawa Barat itu telah diresmikan pada 13 September 2024. Lini produksi dan operasi logistik GWM di Inchcape Manufacturing Facility memiliki luas 20.277 m2 dari total luas fasilitas 411.392 m2.

Lini produksi GWM memiliki kapasitas produksi sekitar 7.000 unit per tahun, dikelola oleh kurang lebih 100 personel khusus di bidang produksi, manajemen kualitas, teknik, dan logistik.  

Regional Director for Indonesia, GWM Asean, Ryan Zhao mengatakan fasilitas perakitan ini merupakan pengembangan jangka panjang pasar luar negeri.

Pendirian fasilitas produksi di pabrik manufaktur milik Inchcape ini juga sejalan dengan strategi global GWM yakni 'Localization of Production Capacity'.

"Pendekatan ini melibatkan penambahan pabrik Knock Down di pasar luar negeri utama di luar China, yang semakin memperkuat posisi GWM di industri otomotif global," ujar Ryan Zhao dalam keterangannya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper