Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Hybrid Lexus Kuasai Pasar, Ini Alasannya

Lexus Indonesia merupakan merek premium yang saat ini menguasai segmen mobil listrik di Indonesia.
Lexus Indonesia merupakan merek premium yang saat ini menguasai segmen mobil listrik di Indonesia/Lexus
Lexus Indonesia merupakan merek premium yang saat ini menguasai segmen mobil listrik di Indonesia/Lexus

Bisnis.com, JAKARTA — Model kendaraan listrik jenis hybrid sangat diminati konsumen Lexus Indonesia lantaran masih ada kecemasan mengenai pengisian baterai.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan dari segi permintaan jenis elektrifikasi hybrid paling diminati lantaran Lexus merupakan pionir untuk pasar mobil listrik pada segmen premium.

“Memang kami sudah menjual Hybrid sejak dahulu dan menjadi pionir di pasar mobil premium sehingga kepercayaan dan kenyamanan pengalaman berkendara mobil elektrifikasi hybrid ini sudah sangat meluas di kalangan pasar mobil premium,” ujar Bansar kepada Bisnis, Rabu (15/11/2023).

Di sisi lain, dia menyebut masyarakat masih mencemaskan terkait pengisian baterai, sehingga teknologi hybrid masih lebih diminati ketimbang mobil listrik murni (BEV) maupun plug-in hybrid (PHEV).

Dia pun memproyeksikan penjualan kendaraan elektrifikasi masih akan mendominasi hingga 70%, sedangkan untuk BEV dan PHEV diperkirakan kontribusinya sekitar 10% dari total penjualan mobil listrik sampai akhir 2023.

“Total penjualan elektrifikasi pada tahun ini diperkirakan sekitar 80% dari total penjualan Lexus,” tuturnya.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan kendaraan elektrifikasi Lexus mencapai 1.408 unit sepanjang Januari-Oktober 2023, sekitar 71,07% dari total penjualan seluruh model sebanyak 1.981 unit.

Secara rinci penjualan dari jenis BEV mencapai 197 unit, jenis hybrid sebanyak 1.059 unit, dan PHEV sebanyak 152 unit.

Sementara secara bulanan, penjualan kendaraan elektrifikasi Lexus pada Oktober 2023 mencapai 198 unit, naik 3,66% dibandingkan September 2023 yang mencapai 191 unit.

Menurut Bansar, penjualan secara bulanan sangat berfluktuasi dan dipengaruhi oleh faktor produksi, logistik, hingga kondisi stok unit yang sudah ada di Indonesia. Adanya perubahan juga dapat disebabkan oleh adanya penyesuaian stok unit.

“Lexus tetap mengedepankan Making Luxury Personal dengan menyediakan semua jenis elektrifikasi yaitu Hybrid Electric, Hybrid Electric Performance, Plug-in Hybrid Electric serta Full/Battery Electric,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper