Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Kerek Suku Bunga, Lexus Optimistis Target Penjualan 2023 Tercapai

Lexus Indonesia masih memantau dampak dari kenaikan suku bunga terhadap permintaan mobil untuk segmen premium.
Mobil SUV The All New Lexus RX - Lexus.
Mobil SUV The All New Lexus RX - Lexus.

Bisnis.com, JAKARTA — Lexus Indonesia masih optimistis dapat mencapai target penjualan hingga 2.000 unit, meski Bank Indonesia (BI) menaikan suku bunga acuan menjadi 6%.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan, masih akan memantau dampak dari kenaikan suku bunga terhadap permintaan dari kendaraan roda empat terutama pada pasar premium.

“Kami masih menunggu evaluasi dan asesmen dari lembaga pembiayaan. Setelah itu, kami akan lakukan antisipasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi pasar,” ujar Bansar kepada Bisnis, Minggu (22/10/2023),

Lebih lanjut, dia mengatakan, lembaga pembiayaan akan melakukan evaluasi atau penilaian terlebih dahulu untuk kredit pembiayaan kendaraan sebelum merespons kenaikan suku bunga dari BI.

Di sisi lain, dia masih optimistis penjualan retail mobil Lexus dapat melebihi 2.000 unit sampai akhir 2023. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan Lexus secara retail mencapai 1.609 unit sepanjang Januari-September 2023, naik 101,4% dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 799 unit.

Adapun, dengan realisasi penjualan yang telah mencapai 1.609 unit berarti Lexus Indonesia telah mencapai sekitar 80,45% dari target penjualan retail sekitar 2.000 unit sampai akhir tahun ini.

Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 18 Oktober 2023 dan 19 Oktober 2023, BI memutuskan untuk meningkatkan suku bunga acuan naik 25 basis poin (bps) ke level 6%. 

Kenaikan ini merupakan yang pertama kali setelah BI menahan suku bunga acuan pada level 5,75% selama 8 bulan terakhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper