Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan Lexus Indonesia Meningkat Usai 'Badai' Krisis Semikonduktor Berlalu

Impor produk mobil secara utuh (CBU) dari Lexus mengalami peningkatan signifikan seiring pasokan yang sudah pulih dari kendala semikonduktor.
Mobil SUV The All New Lexus RX - Lexus.
Mobil SUV The All New Lexus RX - Lexus.

Bisnis.com, JAKARTA — Impor produk mobil secara utuh atau completely built up (CBU) dari Lexus mengalami peningkatan signifikan seiring pasokan yang sudah pulih dari kendala semikonduktor.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan impor CBU dari merek Lexus mencapai 1.534 unit sepanjang Januari-Agustus 2023, naik 111,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 726 unit.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan salah satu penyebab meningkat signifikannya impor adalah mulai membaiknya situasi produksi atau suplai dari prinsipal setelah mengalami kendala semikonduktor beberapa waktu lalu.

Kemudian terdapat permintaan yang cukup besar akan model-model baru lexus yang dilaunching dalam kurun waktu dua tahun terakhir seperti seperti varian dari seri NX, seri LX, dan seri RX, serta beberapa kendaraan elektrifikasi.

Adapun mobil Lexus untuk seri NX adalah NX 350h, dan NX 250. Kemudian untuk seri RX adalah RX 350, RX 350h, RX 450h+, dan RX 500h. Sementara untuk varian LX adalah LX 600.

“Terutama varian elektrifikasi dari model-model baru tersebut dan juga kendaraan baru full electric lexus yaitu Lexus RZ,” ujar Bansar kepada Bisnis, Minggu (8/10/2023).

Dia pun mengatakan Lexus akan berupaya untuk mendapatkan alokasi yang cukup hingga akhir tahun guna memenuhi tingginya permintaan kendaraan khususnya untuk varian elektrifikasi.

Memasuki tiga bulan terakhir 2023, dia juga mengatakan Lexus Indonesia akan mempertahankan pelayanan kepada setiap pelanggan termasuk untuk produk yang sedang inden.

Selain itu, dia juga menyebut Lexus Indonesia berupaya untuk meminimalisir adanya perubahan harga pada dua bulan mendatang sampai akhir 2023.

“Semoga situasi bisa kondusif sehingga menjaga momentum di pasar otomotif indonesia,” tuturnya.

Sepanjang Januari-Agustus 2023, merek Lexus telah terjual sebanyak 1.527 unit, naik 111,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 722 unit.

Beberapa model Lexus yang paling laris sepanjang Januari-Agustus 2023 adalah RX 350h sebanyak 611 unit, RX 350 sebanyak 169, LM 350 7 Seater sebanyak 141 unit, dan ES 300h sebanyak 134 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper