Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Sedan Honda Meningkat Sepanjang Januari-September 2023, Pasokan Masih Bergantung dari Impor

Pulihnya impor mobil utuh atau CBU dari Thailand menjadi faktor meningkatnya penjualan sedan dari PT Honda Prospect Motor (HPM).
All New Honda Civic R. - Dok Honda
All New Honda Civic R. - Dok Honda

Bisnis.com, JAKARTA — Pulihnya impor mobil utuh atau CBU dari Thailand menjadi faktor meningkatnya penjualan sedan dari PT Honda Prospect Motor (HPM) sepanjang Januari-September 2023.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan sedan Honda secara wholesales sebanyak 1.483 unit  sepanjang Januari-September 2023, naik 9,36% dari 1.356 unit dibandingkan periode sama tahun lalu.

Rinciannya untuk model Accord terjual sebanyak 390 unit sepanjang Januari-September 2023, naik 55,37% dari dari 251 unit secara YoY. Kemudian untuk Honda City mencapai 180 unit, turun 66,48% dari 537 unit secara YoY. 

Selanjutnya, untuk Honda Civic mencapai 831 unit, naik 46,30% dari 568 unit secara YoY. Adapun Honda juga telah memasarkan Civic Type R sejak Maret 2023 yang penjualannya menembus 82 unit sampai September 2023.

Sales Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy mengatakan model sedan Honda masih sangat tergantung dari impor negara lain seperti Thailand dan United Kingdom. Pasokan untuk Honda Civic pun disebut sempat kurang stabil, tetapi kini sudah mulai pulih.

“Civic awal-awal supply memang kurang stabil, tetapi sekarang sudah bisa mengikuti permintaan, dan terus memonitor perkembangannya. Sementara, Accord kami mengikuti permintaan konsumen yang memang naik, tapi tidak signifikan karena jumlah yang kecil,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (30/10/2023).

Impor Honda City pun tercatat mencapai 181 unit sepanjang Januari-September 2023 yang dikirim dari Thailand. Lalu, model Civic Type R dikirimkan sebanyak 83 unit dari UK.

Beberapa produk lain yang dikirim secara utuh dari Thailand adalah Honda City sebanyak 181 unit, Honda Accord sebanyak 420 unit, dan CR-V 1.5 T sebanyak 210 unit.

Lebih lanjut, dia mengatakan pasar sedan memang masih terbilang kecil dengan kontribusinya di bawah 1% baik secara nasional maupun untuk Honda sendiri. Diantara sedan yang dijual oleh Honda, model Civic pun paling banyak diminati oleh para konsumen.

Menurutnya, Civic sangat diminati lantaran modelnya yang sporty dan juga sangat menyenangkan ketika dikendarai sendiri untuk kegiatan sehari-hari. Honda pun berupaya meningkatkan kualitas dan fitur produk sampai ke layanan purna jual.

“Bagi kami memberikan value yang terbaik untuk konsumen adalah tujuan kami. Mulai dari quality, fitur produk sampai ke pelayanan after sales kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper