Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Mobil Listrik Lexus di GIIAS 2023, dari BEV hingga HEV

Lexus akan memamerkan sebanyak 11 kendaraan listrik dengan tiga model kendaraan hybrid pada ajang GIIAS 2023.
Jajaran model Lexus Elektrik yang diujicoba pada lintasan Formula E/Lexus
Jajaran model Lexus Elektrik yang diujicoba pada lintasan Formula E/Lexus

Bisnis.com, JAKARTA — Lexus Indonesia berhasrat hanya memajang produk mobil listrik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan pihaknya akan menyajikan kendaraan listrik yang bertajuk sebagai Lexus Electrification Line-up mulai dari Hybrid Electric (HEV), Performance-Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV (PHEV), dan baterai EV (BEV).

Lexus akan memamerkan sebanyak 11 kendaraan listrik dengan tiga model kendaraan hybrid seperti RX 350h, RX 450h, dan RX 500h, serta model elektrik RZ 450e.

“Berkaitan dengan GIIAS, unit display [yang akan dipamerkan] kurang lebih 11 unit display. Lexus hanya menampilkan Lexus Electrification Line-up,” ujar Bansar kepada Bisnis, Senin (17/7/2023).

Dia juga menegaskan langkah Lexus yang hanya menampilkan kendaraan listrik pada GIIAS 2023 merupakan komitmen sebagai pionir elektrifikasi segmen premium sekaligus mewujudkan 100 persen elektrifikasi.

Lebih lanjut, Bansar mengatakan Lexus akan berupaya untuk terus menampilkan kendaraan listrik terbaru. Meski demikian, dia enggan memberikan detail dari produk tersebut karena masih menunggu informasi lebih lanjut.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima oleh Bisnis, penjualan Lexus secara wholesales turun dari 350 unit menjadi 271 unit secara month-to-month (MtM) pada Juni 2023. Penjualan secara ritel pun ikut menurun dari 362 unit pada Mei menjadi 219 unit bulan lalu.

Dia menyebut adanya penurunan penjualan disebabkan oleh adanya penurunan alokasi pasokan untuk beberapa model di Indonesia.

“Fluktuasi tersebut dikarenakan fluktuasi production dan alokasi untuk indonesia, di mana untuk model tertentu masih terjadi,” ujar Bansar kepada Bisnis, Rabu (12/7/2023).

Sebaliknya, dia menegaskan permintaan terhadap kendaraan Lexus masih sangat tinggi dengan adanya peluncuran Lexus R-series yang berkontribusi hingga 60 persen dari total penjualan.

“Lexus R-series yang menawarkan varian paling lengkap, termasuk varian elektrifikasi terlengkap di pasar mobil mewah,” katanya.

Penjualan Lexus untuk wholesales pun menembus 1.172 unit sepanjang semester I/2023, sedangkan penjualan ritel mencapai 1.055 unit.

Dia menyebut penjualan Lexus mengalami peningkatan sekitar 94 persen pada semester I/2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau secara year-on-year (YoY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper