Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil UD Trucks, Lini Produksi Isuzu yang Bakal Diboyong ke Indonesia

Fasilitas produksi UD Trucks, merek kendaraan niaga di bawah Isuzu Group, di Thailand akan dipindahkan ke Indonesia
UD Trucks Kuzer. /UD Trucks
UD Trucks Kuzer. /UD Trucks

Bisnis.com, JAKARTA - Fasilitas produksi UD Trucks di Thailand rencananya akan dipindahkan ke Indonesia. Lini produksi merek kendaraan niaga Isuzu Group tersebut akan ditambahkan ke pabrik Isuzu di Karawang, Jawa Barat. 

Rencana relokasi fasilitas produksi UD Trucks diungkapkan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang usai melakukan pertemuan dengan jajaran petinggi Isuzu Motors Ltd. di Tokyo beberapa waktu lalu.

"Jadi di sini IAMI [PT Isuzu Astra Motor Indonesia] akan melakukan assembly [produk] UD Trucks di Isuzu Karawang dan mulai produksi 2024. Nilai investasinya US$2 juta. Ada penambahan dari line up produksi jadi dia tidak membuka lahan baru," kata Agus di kantor Kemenperin, dikutip Minggu (11/6/2023).

Mengutip laman resmi perusahaan, UD Trucks merupakan penyedia kendaraan komersial Jepang terkemuka dan aktif di lebih dari 60 negara di seluruh benua. Sejak didirikan pada 1935, perusahaan berkomitmen untuk melakukan yang terbaik dalam persaingan sektor logistik.

Secara model, UD Trucks menawarkan jajaran produk lengkap untuk berbagai kapasitas pengangkutan mulai dari heavy truck hingga light truck. Untuk tugas berat ada Quon dan Quester, truk tugas sedang atau mild truk, Condor dan Croner, dan truk tugas ringan Kazet dan Kuzer.

Sebelum dengan nama UD Trucks, merek otomotif ini lebih dikenal dengan nama Nissan Diesel. Namun, pada 2010 perusahaan melakukan rebranding untuk pengembangan bisnisnya. Nama UD Trucks ini merupakan singkatan dari Ultimate Dependability, yang mewakili visi perusahaan. 

Di Indonesia, UD Trucks mengawali bisnisnya pada 1984 melalui Astra Nissan Diesel. Seiring berjalannya waktu, Nissan Diesel diklaim cukup mendominasi pangsa pasar kendaraan komersial brand Jepang untuk kategori heavy-duty di Tanah Air pada 2006. 

Kemudian, untuk memenuhi permintaan pelanggan akan kendaraan yang andal dan hemat BBM saat itu, pada awal tahun 2007 diluncurkan produk Nissan Diesel Euro 2 yang jauh lebih bertenaga dan hemat bahan bakar. 

Seiring perubahan nama merek UD Nissan Diesel menjadi UD Trucks dari prinsipal Jepang pada 2010, merek ini juga berganti nama menjadi Astra UD Trucks sebagai distributor resmi brand UD Trucks di Indonesia hingga sekarang.

Astra UD Trucks memiliki jaringan dealer yang tersebar di Indonesia mulai dari Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan Makassar.

Adapun, UD Trucks menjadi bagian dari Isuzu Group usai diakuisisi Isuzu Motors dari Volvo Group pada April 2021. 

Sementara itu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kinerja penjualan UD Trucks dalam periode Januari - April 2023 mencapai 661 unit, atau menurun 15 persen jika dibandingkan dengan penjualan wholesales tahun lalu pada periode yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper