Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Honda Kepincut Program Subsidi Motor Listrik, Siapkan Produk Baru?

Astra Honda Motor memiliki rencana meluncurkan motor listrik pada tahun ini sebanyak dua model.
Diler Sepeda Motor Honda. /wahanaartha.com
Diler Sepeda Motor Honda. /wahanaartha.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ramai tren motor listrik di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) berupaya menghadirkan motor listrik dengan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN tinggi. Prinsipal dari Grup Astra itupun melirik program subsidi yang tengah digulirkan pemerintah.

Executive Vice Presiden Direktur PT Astra Honda Thomas Wijaya mengatakan pihaknya akan menyiapkan produk motor listrik yang sesuai dengan regulasi subsidi dari pemerintah.

“Kita usahakan agar bisa sesuai dengan aturan-aturan yang dikeluarkan pemerintah terkait dengan insentif kendaraan listrik,” kata Thomas di Jakarta, Senin (11/4/2023).

Namun, orang nomor dua AHM baru ini menampik bahwa pihaknya sangat menginginkan untuk ikut dalam program subsidi pembelian motor listrik. Pasalnya, yang menjadi fokus AHM adalah meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) tumbuh secara bertahap.

“Kembali kita bukan tentang insentifnya, tapi kita ingin kandungan lokalnya ingin kita tingkatkan secara bertahap,” tambahnya.

Di sisi lain, Marketing Direktur Astra Honda Octavianus Dwi Putro menyampaikan saat ini perkembangan untuk memasarkan motor listrik Honda masih berada di rencana awal dengan meluncurkan dua model pada 2023.

“Nah, sebagaimana yang sudah di informasikan kita masih strict ke planning awal, tahun ini dua model tapi mudah-mudahan akan segera lebih kelihatannya bentuknya ya,” tutur Octavianus.

Dia juga membeberkan alasan Astra Honda hingga saat ini masih belum meluncurkan motor listrik. Pasalnya, AHM tengah menyiapkan hal-hal yang terkait dengan motor listrik mulai dari purna jual, keamanan, termasuk bengkel.

“Termasuk itu [bengkel] kami siapkan, maka dari itu kadang ada pertanyaan kenapa lama [motor listrik Honda meluncur], kenapa ketinggalan, ini bukan ketinggalan. Tapi kami menyiapkan sesuatunya gak main-main ya, karena ekosistem harus siap bukan hanya bicara produk,” jelasnya.

Sebagai informasi, Astra Honda membukukan penjualan 1,4 juta unit sepanjang periode Januari – Maret 2023, tumbuh 50,8 persen dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper