Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil di AS Melesat pada Kuartal I/2023

Pabrikan mobil besar mencatatkan kenaikan penjualan di AS, kecuali Toyota yang mengalami penurunan.
Tesla Model 2. /electricvehicleweb.in
Tesla Model 2. /electricvehicleweb.in

Bisnis.com, JAKARTA – Mayoritas produsen mobil global terkemuka melaporkan kenaikan penjualan pada kuartal I/2023 di AS menyusul peningkatan pengiriman ke dealer.

Dilansir dari Reuters pada Selasa (4/4/2023), General Motors Co, yang menggantikan Toyota sebagai produsen mobil teratas di AS, membukukan kenaikan penjualan hingga 17,6 persen 512.846 unit menjadi 603.208 unit pada kuartal I/2023.

“Kami memperoleh pangsa pasar yang signifikan pada kuartal pertama, penetapan harga yang kuat, inventaris dalam kondisi sangat baik, dan kami menjual lebih dari 20.000 EV (kendaraan listrik) dalam satu kuartal untuk pertama kalinya," kata Wakil Presiden Eksekutif GM Steve Carlisle dalam sebuah pernyataan.

Produksi kendaraan cukup terganggu akibat pandemi yang mengganggu rantai pasokan, baik dari pasokan chip semikonduktor, maupun bahan mentah lainnya. Hal tersebut menghambat para pembuat mobil dalam memproduksi sesuai dengan permintaan konsumen.

Sementara itu, perusahaan tersebut terus berusaha untuk menebus produksi yang hilang.

Di samping itu, para analis mengatakan bahwa kenaikan suku bunga dan ketakutan terhadap resesi bisa merusak industri yang sebagian besar pembelian kendaraan didanai oleh pinjaman.

Berkaitan dengan hal tersebut, Charlie Chesbrough, ekonom senior di Cox Automotive mengatakan bahwa siapa pun yang mencari tanda-tanda resesi tidak akan menemukannya di pasar kendaraan baru, sebab, tidak sedikit produsen yang menembus rekor penjualan pada kuartal pertamanya.

"Konsumen menghadapi ketidakpastian kredit karena kenaikan suku bunga yang cepat telah menciptakan hambatan bahkan untuk calon pembeli dengan riwayat kredit bagus," kata Jessica Caldwell, direktur eksekutif perusahaan riset otomotif Edmunds.

Di sisi lain, Toyota mencatat penurunan penjualan 8,8 persen pada kuartal I/2023, bahkan di saat persediaan produknya meningkat. Adapun produsen mobil asal Asia lainnya seperti  Mazda, Honda dan Hyundai membukukan kenaikan penjualan.

"Siapa pun yang mencari tanda-tanda resesi tidak akan menemukannya di pasar kendaraan baru, karena sejumlah produsen membukukan rekor penjualan di kuartal pertama," kata ekonom senior Cox Automotive Charlie Chesbrough.

Secara keseluruhan, penjualan kendaraan baru AS pada bulan Maret mencapai 1,37 juta unit, dengan tingkat penjualan tahunan sebesar 14,82 juta, menurut data yang dirilis oleh Wards Intelligence.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper