Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update! 13 Model Motor Listrik Siap Diguyur Subsidi Rp7 Juta

Merek motor listrik yang bisa mendapat bantuan pemerintah sebesar Rp7 juta per unit bertambah menjadi 8 merek
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyampaikan bahwa kini terdapat delapan merek motor listrik yang dapat mengakses subisidi atau bantuan pemerintah senilai Rp7 juta.

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan, delapan merek motor listrik tersebut telah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di atas 40 persen.

“Industri KBLBB [kendaraan listrik] roda dua dengan sertifikat TKDN 40 persen per hari ini, sudah 8 perusahaan untuk 13 model. Jadi temen-temen manufaktur sudah bisa mengakses sistem yang sudah siap ini,” ungkapnya di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (20/3/2023).

Adapun, dua merek motor listrik yang baru mendapatkan sertifikat TKDN adalah Rakata dan Polytron.

Berdasarkan data Kemenperin, Rakata memiliki dua model, yakni motor listirk X5 yang mengantongi sertifikat TKDN 54,17 persen bernomor 2671/SJ-IND.8/TKDN/3/2023 dan Rakata S9 sebesar 55,78 persen dengan nomor 2670/SJ-IND.8/TKDN/3/2023.

Kemudian, merek sepeda motor listrik milik konglomerat Hartono, Polytron, resmi mengantongi sertifikat TKDN 45,31 persen per 20 Maret 2023 melalui nomor sertifikat 2816/SJ-IND.8/TKDN/3/2023.

Diberitakan sebelumnya, ada enam merek yang dipastikan dapat mengikuti program subsidi kendaraan listrik. Ada Gesits dengan Gesits G1 dan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), bagian dari grup PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) dengan model Volta 401.

Kemudian, PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) melalui Selis E-Max dan model Agats yang telah mengantongi TKDN di atas 50 pesen. PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) juga menjadi salah satu merek yang memenuhi kandungan lokal 40 persen, yaitu  Smoot Tempur dan Smoot elektrik Zuzu.

PT Triangle Motorindo sebagai principal dari merek Viar Motor Indonesia telah mengantongi sertifikat tingkat komponen dalam negeri sebesar 50,26 persen untuk model Viar New Q1. 

Produsen motor listrik merek United, PT Terang Dunia Internusa telah mengantongi tiga sertifikat tingkat komponen dalam negeri sekaligus, di antaranya United T1800, TX1800, dan TX3000.

Alhasil, hingga kini ada 13 model dari 8 merek yang dipastikan dapat mengikuti program pembelian subsidi motor listrik dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper