Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segini Harga Motor Listrik Volta, Selis, dan Gesits Setelah Disubsidi

Merek motor listrik Gesits, Volta, dan Selis berpeluang mendapat subsidi pemerintah Rp7 juta. Ini daftar harga motor listrik setelah disubsidi pemerintah:
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan memberikan bantuan atau subsidi pembelian motor listrik baru sebesar Rp7 juta per unit untuk 200.000 unit motor listrik hingga Desember 2023.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, subsidi tersebut hanya berlaku untuk motor listrik yang memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 40 persen. Saat ini, merek motor listrik yang sudah memiliki TKDN 40 persen adalah Gesits, Volta, dan Selis.

Bantuan pemerintah tersebut tidak disalurkan secara langsung kepada konsumen, melainkan akan disalurkan melalui produsen motor listrik. Untuk mendapatkan bantuan itu, produsen motor listrik perlu mendaftarkan jenis kendaraannya yang telah memenuhi TKDN 40 persen.

"Jadi nanti produsen akan mendaftarkan jenis kendaraan yang telah memenuhi nilai TKDN 40 persen yang dipersyaratkan dalam sistem," kata Agus dalam konferensi pers, Senin (6/3/2023).

Sementara itu, konsumen akan langsung mendapatkan diskon bila membeli motor listrik baru yang mendapat bantuan pemerintah. 

Berikut kisaran harga motor listrik yang kemungkinan mendapatkan subsidi Rp7 juta :

1. Gesits

Ada dua jenis produk motor listrik Gesits, yakni Gesits G1 dan Gesits Raya. 

Motor listrik Gesits G1 milik PT Wika Industri Manufaktur itu telah mengantongi sertifikat TKDN bernomor 810/SJ-IND.8/TKDN/4/2021 per 14 April 2021. Gesits G1 yang dirakit di Bogor, Jawa Barat mempunyai nilai TKDN 46,73 persen. 

Adapun, Gesits G1 dibanderol seharga Rp28.970.000. Bila mendapat subsidi dari pemerintah, harganya bisa turun menjadi Rp21.970.000.

2. Volta

Volta, anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), bagian dari grup PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), menyatakan telah menggunakan 47,6 persen komponen dalam negeri. Hal itu disampaikan Volta melalui keterbukaan informasi pada Senin (6/11/2023).

Direktur Volta Willty Awan menyampaikan subsidi ini akan membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Volta telah menyiapkan dengan baik kapasitas produksi motor listrik untuk memenuhi permintaan pasar.

"Seiring dengan inovasi produk yang terus kami kembangkan, kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan komponen TKDN pada motor listrik Volta dan menghasilkan produk motor listrik yang berkualitas tinggi. Dengan dukungan insentif dari pemerintah dan kesiapan produksi yang baik, Volta siap untuk berkontribusi dalam meningkatkan penetrasi kendaraan listrik di Indonesia dan menjadi pemain utama dalam pasar kendaraan listrik di masa depan," katanya.

Berdasarkan situs Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), motor listrik Volta yang telah mendapat sertifikat TKDN adalah produk Volta 401.

Motor listrik Volta 401 dibanderol seharga Rp16.950.000. Bila mendapat subsidi akan menjadi Rp9.950.000

3. Selis

Selis merupakan motor listrik besutan PT Juara Bike, anak usaha PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS). Selis berfokus pada perakitan kendaraan listrik dengan berbagai produk, di antaranya E-Motor, E-Bike, dan E-Moped.

Berdasarkan situs Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), motor listrik Selis E-Max telah memenuhi tingkat komponen dalam negeri dengan nilai 53,69 persen. Motor listrik produksi Tangerang itu telah mengantongi sertifikat TKDN bernomor 5034/SJ-IND.8/TKDN/10/2022.

Selain itu, produk Selis Agats juga telah mengantongi sertifikat TKDN bernomor 2062/SJ-IND.8/TKDN/3/2023. Nilai TKDN Selis Agats mencapai 53,37 persen. 

Perkiraan harga motor listrik Selis setelah disubsidi :

Selis E-Max : Rp15.500.000 dengan subsidi menjadi Rp8.500.000 

Selis Agats : Rp19.900.000 dengan subsidi menjadi Rp12.900.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper