Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral Keluhan Konsumen Transmisi Hyundai Palisade Baru Rusak, Ini Tanggapan HMID

Konsumen mengaku baru saja membeli unit Hyundai Palisade, keesokan harinya muncul indikator "Shifter System Malfunction! Service Immediately".
Rizqi Rajendra
Rizqi Rajendra - Bisnis.com 23 November 2022  |  10:25 WIB
Viral Keluhan Konsumen Transmisi Hyundai Palisade Baru Rusak, Ini Tanggapan HMID
Tangkapan layar sosial media pemilik Hyundai Palisade - Bisnis/Rizqi Rajendra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar di media sosial keluhan konsumen yang mengaku baru membeli unit Hyundai Palisade, tetapi langsung mengalami kerusakan di bagian transmisi.

Melalui akun Instagramnya, @martinus1293, pria tersebut menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Mulanya, ketika Martin baru saja membeli unit Hyundai Palisade, keesokan harinya muncul indikator "Shifter System Malfunction! Service Immediately" saat dia akan memasukan mobilnya ke garasi.

Mengaku panik, akhirnya Martin memutuskan untuk menghubungi pihak Hyundai melalui fitur 'Hyundai Bluelink Call Center' untuk mendapatkan solusinya. Namun, pihak Hyundai hanya menyarankan untuk menderek mobilnya memakai towing.

"Saat indikator itu muncul, posisi transmission dalam posisi D, dan tidak mau berpindah ke posisi P, R, atau N. Panik lah ya sebagai pemilik unit, baru kali ini beli unit punya permasalahan begini. Seandainya tidak sadar dan dihidupkan, terbang dong mobilnya nyeruduk rumah sendiri. Cuma untungnya unitnya tidak bisa hidup," ujar Martin melalui unggahan Instagram Story dikutip Rabu, (23/11/2022).

Karena masih penasaran, dia akhirnya menghubungi marketing Hyundai. Setelah menunggu respon cukup lama, akhirnya pihak pemasaran memberikan kontak mekanik, dan kemudian Martin memanggil mekanik tersebut ke rumah.

Akan tetapi, mekanik Hyundai itu tidak mengetahui permasalahan dari unit Palisade milik Martin, akhirnya kemudian mobil tersebut diderek ke bengkel resmi Hyundai Pekanbaru, Riau. Keesokan harinya, Martin pun bertanya kepada pihak Hyundai terkait permasalahan pada unitnya, tetapi pihak marketing menjawab tidak ada masalah, hanya me-restart sistem dari unit mobilnya.

Hanya berselang seminggu kemudian, unit Hyundai Palisade milik Martin bermasalah kembali, dengan indikator shifter malfunction yang kembali muncul.

"Dan yang parahnya saat indikator ini muncul, posisi unit sedang jalan, makin panik dong, kenapa lagi dengan unit ini? Sesampainya di tempat tujuan, transmission unit tidak berfungsi dan stuck di posisi D, yang artinya tidak bisa dipindahkan ke posisi P. Untungnya rem mobil masih berfungsi, jadi masih mau berhenti, dan saya berinisiatif untuk menarik tombol 'Parking Handbrake' agar unit dapat berhenti sepenuhnya," tuturnya.

Atas kendala tersebut, Martin disarankan untuk membawa kembali unit ke bengkel untuk dilakukan pengecekan, dan permasalahannya ditemukan yaitu penggantian komponen Valve Control Transmission.

Dengan berat hati, Martin menyetujui penggantian part tersebut, dan unit pun sudah kembali normal. Meski demikian, Martin meminta jaminan kepada kepala cabang jika unitnya tidak bermasalah kembali, tetapi hingga saat ini hanya dijanjikan dari kepala cabang bahwa nanti akan dihubungi dari pihak pabrik.

"Saya sebagai customer hanya meminta yang menjadi hak saya, nggak meminta lebih. Hanya saja dari pihak Hyundai tidak memberikan jawaban atas permasalahan di unit saya," tandas Martin.

Tanggapan Hyundai Terkait Palisade Bermasalah

Terkait permasalahan ini, Bisnis.com berupaya menghubungi pihak Hyundai untuk meminta konfirmasi lebih lanjut soal masalah transmisi pada unit Hyundai Palisade baru.

Head of Public Relation PT HMID Uria Simanjuntak menanggapi postingan salah satu konsumen Palisade, saat ini tim dari Hyundai Motors Indonesia  terus berkoordinasi dengan pihak dealer terkait.

"Kami juga akan berkomunikasi langsung dengan pelanggan untuk penanganan lebih lanjut," kata Uria saat dihubungi Bisnis.com pada Rabu, (23/11/2022).

Untuk meminimalisir hal serupa terulang kembali, Uria mengatakan pihaknya akan meningkatkan aftersales service Hyundai agar lebih baik lagi.

"Tentunya dari sisi layanan purna jual, kami akan terus meningkatkan kualitas layanan kami sesuai dengan masukan dari para pelanggan kami," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hyundai Hyundai Motor Hyundai Palisade
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top