Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Kelebihan Hyundai Stargazer: Penguasa Baru di Segmen LMPV?

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menawarkan Hyundai Stargazer yang siap merusak dominasi penantangnya di segmen LMPV.
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menawarkan Hyundai Stargazer yang siap merusak dominasi penantangnya di segmen LMPV / Hyundai.com
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menawarkan Hyundai Stargazer yang siap merusak dominasi penantangnya di segmen LMPV / Hyundai.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) punya jagoan baru di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yaitu Hyundai Stargazer. Dengan berbagai kelebihan yang tersemat, Stargazer digadang akan merusak dominasi penantangnya di segmen tersebut.

Pengamat otomotif yang juga dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan bahwa kehadiran Stargazer bakal semakin mengukuhkan posisi Hyundai di pasar otomotif Indonesia.

“Hyundai investasi bisa dibilang triliunan rupiah untuk bangun pabrik di Karawang, Jawa Barat. Hyundai sepertinya ingin menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dia untuk pasar Asia, makanya harganya kompetitif,” katanya saat dihubungi, Senin (4/7/2022).

Yannes menjelaskan bahwa dari desain yang dibocorkan, karakteristik Stargazer mirip dengan salah satu penguasa segmen LMPV Mitsubishi Xpander. Namun, secara desain, Stargazer diprediksi akan lebih diminati masyarakat karena pesaingnya tersebut minim pembaruan.

Meski karakteristiknya mirip dengan Xpander, tetapi dengan harga yang lebih kompetitif, Yannes melihat Hyundai tidak sembarangan dalam meniru. Pasalnya, perusahaan asal Korea Selatan itu sudah menjadi merek yang kuat di Indonesia.

Hal tersebut terbukti dari inisiatif Hyundai yang meluncurkan kendaraan listrik pertama di Tanah Air. Walhasil, kata Yannes, konsumen di Indonesia tidak perlu ragu akan teknologi mumpuni yang dimiliki Hyundai.

Lebih lanjut, Yannes memperkirakan keberadaan Hyundai Stargazer bakal merusak pasar di segmen LMPV. Bahkan, mobil ini bisa mencaplok pangsa pasar pesaingnya yang sudah punya konsumen loyal.

“Yang dikhawatirkan adalah pemain terbesar di Indonesia yang menguasai 55 persen pasar kita, yaitu grup Astra. Toyota kan baru me-launching Avanza dan Daihatsu meluncurkan Xenia. Ini bisa sangat mengganggu kedua pasar tersebut karena desainnya yang menjual dan futuristik,” jelasnya.

Adapun, hingga saat ini, HMID masih menyajikan tampilan visual Stargazer, tetapi belum menampakkan bentuk. Stargazer dirancang dengan tampilan yang menarik, berkonsep tipologi sleek one box, dengan desain one curve menciptakan profil aerodinamis dan kesan interior yang lapang.

Mengutip rilis HMID, Stargazer diklaim sebagai MPV inovatif yang tangguh dan sesuai untuk segala iklim. Bagian paling ikonik adalah Horizontal DRL dan Distincive H Rear Lamp.

Presiden Direktur HMDI Woojune Cha mengungkapkan kehadiran Stargazer menegaskan bahwa Hyundai selalu berupaya menjadi game changer yang bisa menghadirkan produk sesuai karakter dan kebutuhan masyarakat.

“Hyundai Stargazer didesain khusus sebagai tolak ukur baru di kelasnya, menjadi produk ikonik Hyundai yang inovatif dan futuristik. Sebagai merk yang berfokus kepada pelanggan, kami senang produk ini dapat dibangun berdasarkan masukan pelanggan dan dapat menjawab kebuthan masyarakat Indonesia yang katif dan dinamis. Kami berharap Hyundai Stargazer mendapatkan respon positif di Indonesia,” ungkapnya, Jumat (17/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper